Lis: MTQ Ciptakan Genarasi Muda Yang Qur’ani

by -272 views
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat membuka FPP
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat membuka FPP

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyebutkan, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi dan hingga nasional setiap tahunnya untuk menciptakan generasi muda yang benar – benar memahami isi kandungan Al – Qur’an agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

“MTQ jangan dijadikan sebagai acara ceremonial saja atau hanya mengirimkan peserta, tetapi memiliki manfaatnya. Paling tidak bisa memperbaiki bacaan Al – Qur’an,” ujar Lis saat menghadiri MTQ tingkat Kelurahan Bukit Cermin, di Masjid Al – Falah, Jum’at (26/2).

Selain itu, menurut Lis, juga dapat menguji bagaimana bacaan Al – Qur’an dan ilmu Al – Qur’an yang dimiliki anak – anak.

“Sehingga kita tahu sejauh mana pemahaman dan minat generasi muda kita dalam mengamalkan isi kandungan Al – Qur’an,” ucapnya.

Intinya, kata Lis, dengan membaca Al – qur’an dapat mengobati rohani.

“Kalau roh kita sakit, selain obatnya berwudhu, serta ibadah sholat dan membaca Al – qur’an, maka rohani kita dapat terobati,” katanya Lis.

Hal senada juga disampaikan Camat Tanjungpinang Barat, Boby Wira Satria dan mengungkapkan rasa syukur karena masyarakat Kecamatan Tanjungpinang Barat cukup antusias menyambut pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat banyak terlibat dengan memberikan subangsihnya, banyak peserta yang ikut. Mulai dari orang dewasa hingga anak – anak, terlebih lagi ketika pawai taaruf tadi, anak – anak begitu semangat mengikutinya,” ujar Boby.

Diakhir sambutannya, Boby menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tanjungpinang Barat untuk bersama – sama meramaikan dan mensukseskan MTQ tingkat kecamatan yang akan berlangsung pada 18 Maret 2016 mendatang.

Sementara itu, Lurah Bukit Cermin, Doddy mengatakan, tujuan pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan ini adalah untuk menyebarluaskan Al – qur’an sebagai kitab suci umat Islam.

“Al – Quran sebagai tuntunan serta pegangan kita dalam kehidupan sehari – hari, juga untuk menciptakan generasi muda yang Qur’ani,” ucapnya.

Dody mengutarakan, pelaksanaan MTQ ini akan berlangsung selama dua hari dan diikuti sebanyak 67 kafilah, peserta terdiri dari orang dewasa, remaja, serta anak – anak. Cabang lomba yakni cabang Tilawah Al – qur’an, Tartil Al – qur’an, dan Tahfizh.

MTQ tingkat Kelurahan Bukit Cermin ini juga dibuka oleh Camat Tanjungpinang Barat. Acara juga disejalankan dengan pelantikan dewan hakim yang dilakukan oleh Lurah Bukit Cermin, Doddy. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.