Panen Jagung, Wagub Apresiasi Korem 033 WP

by -263 views
Danrem 033 WP, Brigjend Eko bersama Wagub Kepri, Soerya Respationo, Walikota Tanjungpinang, dan Ketua DPRD Kepri. Foto ALPIAN TANJUNG
Danrem 033 WP, Brigjend Eko bersama Wagub Kepri, Soerya Respationo, Walikota Tanjungpinang, dan Ketua DPRD Kepri. Foto ALPIAN TANJUNG

Tanjungpinang, (MK) – Uji coba penanaman jagung di lahan eks tambang bauksit yang dilakukan oleh Komandan Korem 033 Wira Pratama, Brigjend Eko ternyata membuahkan hasil. Pasalnya, dilahan seluas 1,2 hektare tersebut, ribuan jagung siap panen.

Pada panen jagung perdana dikebun Korem 033 WP itu juga, turut hadir Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmasyah.

Dalam kunjungannya, Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Soerya Respationo memberikan aspresiasi yang setinggi – tingginya kepada Korem 033 WP.

“Diluar dugaan kita, Korem 033 WP berperan aktif untuk membuat tanah yang tidak produktif menjadi produktif. Lahan eks bauksit ini biasanya sangat susah untuk diolah, tapi kita lihat hari ini terbukti bahwa tanaman jagung pun bisa dipanen,” papar Soerya di kebun Korem 033 WP, Rabu (20/5).

Selain jagung, tambah Wagub, ada juga tanaman kangkung. Kemudian peragaan yang dilakukan Korem 033 WP membuat pupuk yang digunakan untuk di tanah bauksit bisa menjadi tanah produktif.

“Ini bisa dijadikan salah satu model untuk pemproduktifkan tanah – tanah bauksit yang ada di Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ucap Soerya.

Kedepannya, kata Soerya, Pemerintah Provinsi Kepri akan memberikan dukungan kepada Korem 033 WP. Seperti bantuan berupa traktor untuk penggarapan lahan yang diajukan Korem 033 WP tersebut sangat direspon dengan positif.

Diacara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan, akan mengundang kelompok – kelompok tani yang ada di Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang untuk melihat langsung pengolahan lahan yang dilakukan Korem.

“Sebab, penanaman jagung ini menggunakan pupuk organik. Saya yakin dan peryaca, kalau ini kita kembangkan lebih lanjut akan menjadi modal dasar dalam menghadapi MEA 2015,” kata Lis.

Menghadapi MEA 2015 nanti, tambahnya, pengembangan ekonomi masyarakat merupakan modal utama. Maka, Pemko Tanjungpinang akan berkoordinasi dengan Korem 033 WP nantinya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 033 WP, Brigjend Eko menyampaikan, pertama kali datang ke Tanjungpinang, ia melihat lahan di wilayah kantornya tandus.

“Maka, saya berusaha melakukan penghijauan atau reboisasi seperti penanaman Mahoni, dan Tembresi,” ucap Eko.

Tapi setelah ditanam, kata Danrem, ternyata keuntungannya hanya terhadap perbaikan lingkungan saja. Tidak ada berkaitan untuk masyarakat.

“Saya berfikir bagaimana supaya ada pemberdayaan masyarakat untuk di lahan – lahan bekas tambang bauksit ini. Inilah, kami beruji coba di tempat kami dengan membuat lahan bauksit menjadi lahan yang produktif,” ujarnya.

Akan tetapi, Danrem menjelaskan, lahan bekas tambang bauksit ini keras dan tidak bisa dicangkul.

“Maka kami menggunagakan alat pemecah aspal. Kemudian kami meminjam traktor kecil, namun patah,” katanya.

Akan hal itu, pihaknya mengajukan traktor yang lebih besar ke Pemprov Kepri. “Ini panen perdana, dan kita bisa lihat bersama, jagung mentah ini bisa langsung dimakan dan rasanya manis karena menggunakan pupuk organik,” paparnya.

Selain itu, Danrem juga merasa sangat senang apabila ada masyarakat yang mau belajar cara pengolahan lahan eks tambang bauksit agar bisa menjadi tanah produktif.

“Sekarang saya sudah bisa buktikan, bagi saya berbagi ilmu itu tidak akan berkurang ilmunya. Jujur saya katakan, tanaman yang kuat ditanam di lahan bauksit ini adalah kangkung darat. Sawi pernah kita coba kemarin, namun tidak kuat karena terlalu panas,” ucapnya.

Ia menyampaikan, bagi kelompok tani yang ingin berlatih, pihaknya bersedia untuk membantu. Seperti kemarin, ada kelompok tani dari Kabupaten Bintan yang mau berlatih, maka pihaknya melatih. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.