Pansus PDAM Kepri Minta Pemkab Bintan Dukung Realisasi Waduk

by -122 views
Pertemuan Pansus PDAM Provinsi Kepri bersama Pemkab Bintan di Kantor Bupati Bintan
Pertemuan Pansus PDAM Provinsi Kepri bersama Pemkab Bintan di Kantor Bupati Bintan
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pansus PDAM Provinsi Kepri dari DPRD Provinsi Kepri mendatangi Kantor Bupati Bintan di Bintan Buyu, Rabu (26/08/2020).

Kedatangan Pansus PDAM Kepri tersebut untuk berkordinasi terkait perubahan Perusda ke Perumda dan realisasi terkait beberapa titik waduk di wilayah Kabupaten Bintan.

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri Bobby Jayanto, Wakil Ketua I DPRD Kepri Dewi Kumala Sari, Anggota Komisi III Suryani, Sekretaris Komisi I Muhammad Sahid Ridho dan beberapa anggota lainnya.

Ketua Pansus PDAM Provinsi Kepri Lis Darmansyah dalam pertemuan itu yang dihadiri Sekda Pemkab Bintan Adi Prihantara juga mwnyoroti persoalan pengamanan di sekitar waduk yang masih banyak aktivitas pemukiman warga.

Lis juga menyinggung soal pembebasan lahan dengan masyarakat maupun swasta yang belum tuntas selama ini.

“Permasalahan hukum sudah selesai, pembangunan tetap harus dilaksanakan,” ujarnya.

Seperti halnya Embung DAS Kawal, yang pekerjaannya sempat terhenti. Pembebasan lahannya pun belum terealisasi terkait ganti ruginya.

“Bagaimana Pusat mau menggelontorkan anggaran jika lahan tersebut masih sengketa,” terangnya.

Selain itu, kata Lis, Embung DAS Kawal itu saat ini terganggu akibat perkebunan Sawit yang luasnya puluhan hektar sehingga harus diselesaikan permasalahannya.

Ia dan anggota Pansus PDAM Provinsi Kepri meminta agar Pemkab Bintan memfasilitasi gerakan penghijauan di kawasan-kawasan waduk ini.

Disampingi menyoroti persoalan penting tentang ketertesediaan air, Anggota Pansus juga meminta pemkab Bintan menginventarisasi persoalan yang ada di embung kawal hingga selesai.

“Sehingga target 2024 permasalahan sumber air baku di Pulau Bintan ini dapat terselesaikan. Dan, kebutuhan pokok masyarakat ini terpenuhi,” terang Lis.

Lis berharap, Pemkab Bintan dapat mendukung penuh dalam permasalahan air baku yang ada di Pulau Bintan ini agar kebutuhan pokok bagi manusia ini dapat dimanfaatkan.

“Sayangkan kalau tidak kita realisasikan? Apalagi nantinya Embung DAS Kawal ini akan difungsikan dan dialirkan ke Waduk yang ada di Bintan dan sampai ke Sungai Pulai kedepannya,” ungkapnya.

Sementara itu, menjawab keinginan Pansus PDAM Provinsi Kepri, Sekda Pemkab Bintan Adi Prihantara yang mewakili Bupati Bintan menuturkan dengan tegas siap mendukung pembangunan Air Baku di Pulau Bintan khususnya di wilayah Kabupaten Bintan.

“Kita juga akan berkordinasi kepada Pemerintah Provinsi Kepri terkait anggaran yang akan menyelesaikan permasalahan di lapangan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.