Parada Hakim Harahap Ketua Terpilih, Segera Perbaiki Aset KKBI

by -361 views
Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma S.IP saat menghadiri Kegiatan KKBI di Aula Muhammadiyah Tanjungpinang
Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma S.IP saat menghadiri Kegiatan KKBI di Aula Muhammadiyah Tanjungpinang
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Ketua Pengurus Kerukunan Keluarga Batak Islam (KKBI) Tanjungpinang terpilih Parada Hakim Harahap berjanji, pada tahap awal akan menyelesaikan aset-aset KKBI secara administrasi untuk membuat ‘Sopo Godang’.

“Sopo Godang dalam bahasa Tapanuli artinya rumah besar atau saat ini lebih sering disebut sekretariat atau kantor yang digunakan untuk melakukan aktivitas,  pusat kegiatan,” katanya kepada sejumlah awak media, Minggu (28/7/2019) di Aula Muhammadiyah jalan R.H Fisabilillah Km 8 atas , Tanjungpinang.

Parada menjelaskan, tanpa Sopo Godang itu, KKBI seperti tanpa identitas tidak ada tempat perkumpulan yang bisa menjadi wadah bagi KKBI untuk menyalurkan ide-ide dalam segi pembangunan.

“Selain itu, dengan adanya Sopo Godang nantinya hubungan antara kerukunan akan lebih erat karena sering diadakan pertemuan kedepannya,” terangnya.

Tambah Parada, setelah menyelesqikan permasalahan Sopo Godang sebagai langkah awal dipercaya sebagai ketua kerukunan, Dirinya akan memperbaiki hubungan antar kerukunan.

Menurut Dia, kemungkinan saja selama ini kurang harmonis sekarang akan dicoba untuk kembali dirajut dan diperbaiki.

“Saat ini terdapat lima suku, yaitu Mandailing, Toba, Karo, Simalungun, Pakpak. Kedepannya mudah-mudahan bertambah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Parada menjelaskan, saat ini di Tanjungpinang terdapat sekitar 1.600 Kepala Keluarga (KK) KKBI dan kerukunan itu sudah ada sekitar 40 tahun lalu di Tanjungpinang.

“Kerukunan ini sudah lama, bukan kemarin sore tapi sudah 40 tahun lalu lamanya,” ujarnya.

Sesuai dengan prinsipnya, lanjut Parada, sebagai pengurus adalah sedikit bicara banyak bekerja, dan dalam menjalankan tugas sebagai pengurus KKBI tidaklah ringan, namun karena adanya dorongan dan  dukungan dari semua suku KKBI ia siap mengetuai kerukunan itu.

Di waktu yang bersamaan, Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma berharap dengan terbentuknya pengurus baru KKBI diharapkan bisa memberikan masukkan kepada Pemko Tanjungpinang serta dapat terus bersinergi.

“Terus bersinergi untuk membangun Kota Tanjungpinang ini agar lebih baik ke depannya,” imbuhnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.