Pemkab Natuna Lakukan MoU Dengan UIN

by -43 views
Bupati Natuna, Wan Siswandi
Bupati Natuna, Wan Siswandi
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk khusus guru Agama Islam, Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna melakukan penandatangan MoU kerjasama dengan UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

“Iya, Pemda Natuna melalui Dinas Pendidikan Natuna melaksanakan MoU dengan UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Guru yang ikut ini telah ikut tes dulu, bukan hanya dari Ranai saja tapi ikut juga guru dari pulau – pulau,” kata Bupati Natuna, Wan Siswandi saat dijumpai, Kamis 10 Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman
Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman

Wan Siswandi menjelaskan, pelaksanaan PPG merupakan hal yang penting bagi guru terutama untuk meningkatkan kualitas sekaligus meningkatkan kesejahteraannya.

Ditempat yang berbeda, Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman SH mengatakan, mekanisme PPG berlangsung setelah guru – guru ikut tes gratis dari Dinas Pendidikan Natuna. Setelah lulus tes, berkas guru ini akan dikirim ke kementerian. Pihak Kementerian Pendidikan yang nantinya menunjuk universitas mana sebagai mitra atau pemberi materi diklat bagi guru di Natuna.

“Ini diklat PPG khusus untuk guru-guru Agama Islam yang berstatus Aparatur Negeri Sipil (ASN). Biaya ditanggung oleh Pemda Natuna dan diklat dilaksanakan selama dua bulan. Ada 17 guru Agama Islam yang ikut, setelah guru ini nanti lulus, mereka akan dapat sertifikasi guru,” jelas Suherman.

Untuk guru bidang lain, Suherman melanjutkan mekanismenya nanti seperti itu juga, kementerian yang akan menunjuk universitas lain yang akan bermitra dengan Dinas Pendidikan Natuna.

Penandatangan MoU Pelaksanaan PPG
Penandatangan MoU Pelaksanaan PPG

“Kemarin kita pernah dapat pendidikan dari universitas Yogyakarta, Pekan Baru dan Padang,” katanya.

Hasil atau efek kegiatan ini, Suherman mengatakan, diiklat ini secara akreditasi membantu akreditasi sekolah dari segi kelembagaan, selain itu guru mendapat kesejahteraan dan ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas guru tersebut dan guru guru yang lain juga mendapat sertifikasi.

“Guru guru yang ikut ini bukan hanya dari Ranai saja, tapi juga dari pulau pulau. Ini dilakukan secara daring karena covid 19. Biasanya PPG ini tatap muka, guru yang datang ke universitasnya. Tapi nanti akan datang satu atau dua orang dari UIN Sunan Gunung Jati ke Natuna untuk melakukan kuliah umum,” imbuhnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.