Pemko Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Tanjungpinang

by -360 views
Lis saat memberikan arahan pada acara lokakarya ekonomi kreatif
Lis saat memberikan arahan pada acara lokakarya ekonomi kreatif

Tanjungpinang, (MK) – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mendorong pengembangan ekonomi kreatif kerajinan yang ada di Kota Tanjungpinang, karena ekonomi kreatif salah satu sektor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah.

“Tanjungpinang memiliki potensi yang beragam dari ekonomi kreatifnya. Seperti kerajinan dari duri ikan, gong – gong maupun potensi makanannya. Sayang kalau tidak dikembangkan,” ujar Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dalam acara lokakarya pengrajin ekonomi kreatif, Rabu (23/3).

Oleh karena itu, kata Lis, pemerintah melalui Disperindag, Dinas Pasar, Dinas Pariwisata, dan lurah akan berupaya membantu meminimalisir permasalahan yang menghambat pengembangan ekonomi kreatif yang dimiliki para pengrajin di Tanjungpinang.

“Dalam mengembangkan ekonomi kreatif para pengrajin, pemerintah bertugas secara terpadu dari beberapa SKPD. Mulai dari promosi, pembinaan pengrajin hingga pemasarannya,” papar Lis.

Akan hal itu, Lis meminta para pengrajin yang mempunyai masalah sampaikan kepada pemerintah. “Maka usaha yang bapak/ ibu miliki dapat dibina oleh dinas – dinas kami agar bisa berkembang,” katanya.

Lis berharap, melalui lokakarya ini dapat menciptakan pelaku usaha yang memiliki jiwa wirausahawan, jiwa entrepreneur yang tidak saja mampu mengembangkan usahanya tetapi mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal Kota Tanjungpinang, Suyatno AMP mengatakan, tujuan pelaksanaan lokakarya ini untuk membina dan mengembangkan daya fikir pelaku usaha dalam menciptakan produk – produk unggulan yang kreatif di Kota Tanjungpinang.

“Disamping itu juga dapat membentuk dan menciptakan individu – individu yang mampu bersaing di pasar global,” katanya.

Dia mengutarakan, lokakarya yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti sebanyak 100 orang pelaku usaha kreatif. Acara ini juga disejalankan dengan sosialisasi kartu izin usaha mikro kecil.

Acara yang dilaksanakan di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Daerah Kota Tanjungpinang ini juga, dihadiri oleh Deputi Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia, jajaran SKPD, camat serta lurah. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.