Pengukuhan Perwara Diramaikan Ragam Perlombaan

by -23 views
Foto Bersama Usai Pengukuhan Perwara Kota batam
Foto Bersama Usai Pengukuhan Perwara Kota batam
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Perkumpulan Pembawa Acara (PERWARA) Kota Batam yang dibentuk oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam menyelenggarakan event pengukuhan atau pelantikan pengurus Perwara masa bakti 2021 – 2023.

Event yang digelar selama 4 hari ini dimulai dari 11 hingga 14 Maret 2021, di Mega Mall Batam Centre. Beragam rangkaian acara dikemas oleh panitia yang merupakan para pengurus inti dan juga para anggota dari Perwara sendiri.

Ketua Perwara Kota Batam, Agustiar mengatakan 25 orang MC diturunkan untuk memandu berbagai lomba yang telah disiapkan untuk memeriahkan acara pelantikan. Pada hari pertama, Kamis 11 Maret 2021 bertepatan dengan perayaan Hari Isra’ Mi’raj, Perwara mengangkat tema Islami yaitu Lomba Qasidah bekerja sama dengan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Batam, Lomba Dai Cilik, Fashion Show Busana Muslim, Tutorial dan Kreasi Hijab dan Lomba Berbalas Pantun bekerjasama dengan Perkumpulan Masyarakat Pemantun (Pumpun) Kota Batam.

Di hari berikutnya akan dilaksanakan Lomba Body Contest bekerjasama dengan Comfit Batam, Modern Dance, Lomba Memasak Ibu dan Anak, PUBG Competition dan  Tik Tok Dance Competition.

Dilanjutkan dengan Bridal and Make Up Competition, MUA Competition bekerjasama dengan WARDAH Cosmetic, Singing Competition dan Pastry Competiition bekerja sama dengan BTP Batam.

Sementara lomba yang berkaitan langsung dengan profesi Perwara adalah MC Competition, Broadcast Competition dan News Anchor Competition untuk kategori pemula didukung oleh Batam TV dan 100,7 Batam FM.

“Rangkaian ini menyongsong pengukuhan Perwara yang dilombakan pertama diantaranya qasidah, dai cilik karena bertepatan dengan Isra Miraj,” katanya, Kamis (11/3/2021).

Selama rangkaian acara berlangsung, juga diadakan Bazaar Kuliner di area parkir gedung yang terisi hampir 50 tenan bazaar dengan menu jualan yang berbeda-beda, sementara di Atrium Timur dan Barat juga di gelar expo multi produk yang terdiri dari para sponsor juga para peserta.

Acara puncak pelantikan pengurus Perwara dilaksanakan pada Sabtu 13 Maret 2021 dilantik oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Perwara Kota Batam terdiri dari 130 orang anggota termasuk Dewan Pembina dan Dewan Pakar yang berasal dari 5 profesi, diantaranya adalah Pembawa Acara (MC), Presenter Televisi, Penyiar Radio, Moderator dan Public Speaking Trainer di Kota Batam.

“Kami berterima kasih kepada Pak Ardi (Kepala Disbudpar) Kota Batam, terbentuknya Perwara atas gagasannya beliau usai dilantik menjadi Kepala Disbudpar Kota Batam dua tahun yang lalu,” ucapnya.

Adapun Visi dari Perwara adalah menjadi perkumpulan pembawa acara pertama dan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi referensi utama untuk menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan dan perusahaan swasta.

Sedangkan Misi dari Perwara adalah memberikan motivasi dan pelatihan langsung kepada seluruh anggota, pembawa acara, host, pembaca berita, moderator, penyiar radio dan presenter televisi di Kota Batam untuk memiliki rasa percaya diri, berkarakter, berwawasan luas, cerdas, berkepribadian baik dan berprestasi. Serta memberikan materi pembekalan teori maupun praktek dan atau berpartisipasi aktif diberbagai kegiatan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan para anggota di bidang public speaking.

Dalam acara ini, Perwara Kota Batam akan tetap mematuhi peraturan dengan menerapkan dan mengajak para pengunjung untuk tetap patuh pada protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer.

Panitia dan pihak Mega Mall juga bekerjasama untuk memberlakukan system shifting jika pengunjung lebih ramai dari perkiraan.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan Perwara sebagai perpanjangan tangan pemerintah menyampaikan informasi kepada masyarakat, soal pariwisata, protokol kesehatan, dan sebagainya.

Kedepan Ardi mendorong kegiatan berlangsung spekatuler, dikemas menarik untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Bisa buat English Competition nantinya sehingga makin spektakuler,” ucapnya.

Ardi terus mengingatkan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Setidaknya ada satu dua orang yang mengatur jarak antar peserta dan pengunjung sehingga kegiatan berlangsung sukses dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (Rosjihan Halid/ MC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.