Perbanyak Sosialisasi, Tingkatkan Partisipasi Pemilih

by -171 views
Lis saat berbincang bersama warga pada sosialisasi Pilkada
Lis saat berbincang bersama warga pada sosialisasi Pilkada
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2015 mendatang. Badan Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang mengadakan sosialisasi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaaan Pemilu Kepala Daerah Provinsi Kepri.

Kegiatan itu juga dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang, Rabu (11/11).

Pada sosialisasi itu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH meminta seluruh masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada 9 Desember mendatang.

“Sosialisasi ini, saya harap dapat diimplementasikan, lakukan evaluasi. Camat, Lurah, RT/ RW dapat mengundang warganya, tanyakan hal – hal apa yang menjadi kendala, kenapa mereka tidak datang ke TPS, kenapa mereka tidak menggunakan hak pilihnya,” ucap Lis.

Dengan evaluasi itu, kata Lis, mudah – mudahan bisa mendongkrak partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang.

Sebelumnya, Kepala Kesbagpol Penmas Kota Tanjungpinang, Drs. Wan Kamar mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang.

“Sehingga pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan sukses,” paparnya.

Dia mengutarakan, di Kecamatan Bukit Bestari terdapat 73 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 40,478 pada Pilwako 2014 lalu, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai 41,98 persen yang memilih 58,02 persen.

“Pada Pilpres lalu, jumlah masyarakat yang tidak memilih sebesar 36,3 persen, yang memilih sebesar 63,7 persen, sementara untuk legislatif 2014 lalu, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai 41 persen, sedangkan yang memilih sebanyak 59,9 persen,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi di Kecamatan Bukit Bestari ini jumlah partisipasi pemilih dari tahun ke tahun dapat meningkat.

Pada acara itu juga turut hadir Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria, Panwaslu, Mas Furqon, Ketua RT/ RW, serta warga yang berada di wilayah kecamatan. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.