Suryani Prihatin Meningkatnya Perkara Dispensasi Nikah

by -32 views
Anggota DPRD Kepri, Suryani. Foto RUDI PRASTIO
Anggota DPRD Kepri, Suryani. Foto RUDI PRASTIO
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Kepri, Suryani merasa prihatin terkait meningkatnya jumlah perkara nikah dengan dispensasi di Tanjungpinang, Kepri.

Berdasarkan rilis media dan data Pengadilan Agama (PA) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri mencatat sebanyak 40 perkara dispensasi nikah yang diajukan oleh calon pengantin. Mereka masih berusia di bawah 19 tahun atau usia dibawah umur.

“Saya prihatin, kasus ini harus menjadi persoalan yang perlu kita soroti bersama, orangtua, lingkungan dan pemerintah harus memperhatikan masalah peningkatan ini karena negara yang kuat dilahirkan dari bangunan rumah tangga yang sehat,” kata Suryani, Rabu 15 Juli 2020.

40 perkara tersebut seperti yang dilansir salah satu media siber di PA masing-masing pada bulan Januari 7 perkara, Februari 6 perkara, Maret 1 perkara, April-Mei kosong, Juni 23 perkara dan Juli 3 perkara. Sehingga total semuanya ada 40 perkara.

“Kemungkinan besar ini terjadi juga di kota kabupaten lainnya semisal Batam, semua elemen harus memperhatikan ini, kami di PKS juga saat ini sedang ikhtiar mendorong UU ketahanan keluarga dan di beberapa daerah juga kita dorong Ranperda,” kata Suryani yang juga merupakan Anggota DPRD Kepri ini.

Dia juga menambahkan peran orangtua sangat penting karena ada beberapa kasus yang usia anaknya dituakan agar bisa menikah baru ketahuan pas pengajuan perceraian. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.