Tjahjo: BP Batam Akan Dibubarkan Tahun 2016

by -318 views
Mendagri, Tjahjo Kumolo usai melantik Pj Gubernur Kepri di Gedung Daerah
Mendagri, Tjahjo Kumolo usai melantik Pj Gubernur Kepri di Gedung Daerah

Tanjungpinang, (MK) – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan investasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan membubarkan Badan Pengusahaan (BP) Batam pada tahun 2016 mendatang.

“BP Batam akan dibubarkan pada Januari 2016. Kami sudah melakukan kajian bersama menteri terkait,” ujar Tjahjo dalam pidatonya saat pelantikan Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Nuryanto di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (30/12).

Dia mengutarakan, BP Batam yang sebelumnya bernama Otorita Batam ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41/ 1973 tentang Daerah Industri Pulau Batam. BP Batam dibentuk berdasarkan Perppu UU Nomor 1 Tahun 2000, tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

“Pembubaran BP Batam disebabkan berbagai permasalahan yang muncul selama ini, terutama terkait tumpang tindih kewenangan antara BP Batam dengan Pemko Batam yang dapat menghambat investasi,” ucapnya.

Permasalahan yang terjadi selama ini, kata dia, BP Batam harus dibubarkan.

“Pembubaran BP Batam akan dilaksanakan cepat, namun tidak menunggu undang – undang diubah. Revisi peraturan tentang BP Batam tetap dilaksanakan, tetapi kami akan fokus membuat peraturan baru sebagai payung hukum,” katanya.

Dia mengemukakan, pemerintah pusat berencana menetapkan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, seperti delapan daerah lainnya di Indonesia. Kewenangan yang diberikan dalam pengelolaan kawasan itu terbatas, seperti sebagai penggerak perekonomian di Batam.

“Gubernur Kepri diharapkan mampu mengontrol aktivitas perekonomian di Batam agar semakin berkembang. Kalau Kawasan Ekonomi Khusus ini selesai dibentuk, kewenangan berada di tangan gubernur,” ujarnya.

Dia mengatakan, investasi tidak hanya dilakukan pihak swasta, melainkan juga dibebankan pada pemerintah. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.