Wagub : Sadar Wisata Harus Dibudayakan

by -191 views
Ribuan TNI Polri bersama masyarakat melakukan pembersihan pantai. Foto ALPIAN TANJUNG
Ribuan TNI Polri bersama masyarakat melakukan pembersihan pantai. Foto ALPIAN TANJUNG

Bintan, (MK) – Kegiatan sadar wisata “Eco Heroes 2015” yang dilaksanakan bersama TNI dan Polri serta masyarakat di Pantai Trikora pada Sabtu (9/5), disambut baik oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Soerya Respationo.

“Kegiatan seperti ini harus dibudayakan dengan terus menerus dan dengan berbagai event. Kalau hari ini kemasannya gotong royong bersama. Nanti mungkin ada lagi pengobatan masal dan lain – lainnya. Tapi yang jelas, semua yang seprti ini harus kita apresiasi,” papar Soerya.

Gotong royong yang melibatkan TNI dan Polri bersama masyarakat ini, Soerya berharap, sinerginitas TNI dan Polri dengan masyarakat, karena TNI Polri dan masyaralat itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisah – pisahkan.

“TNI dan Polri juga bagian dari masyarakat, sehingga kalau dulu orang atau masyarakat takut dengan Polisi atau Tentara, maka saat ini tidak lagi, karena Polisi dan TNI itu bagian dari masyarakat,” ujarnya.

Sementara, terkait limbah di sekitar wilayah pantai di Kabupaten Bintan, Soerya menegaskan, peraturan perundangannya sudah ada.

“Undang – undang (UU) lingkungan hidup juga ada sanksi – sanksi bagi barang siapa yang mencemari lingkungan tersebut. Ada sanksi pidana dan ada sanksi denda. Hanya perlu lebih dioptimalkan lagi penegakkan hukum. Penegakkan hukum seperti ini, juga memerlukan kewaspadaan yang tinggi,” ucap Wakil Gubernur Kepri ini.

Menurutnya, mereka membuang limbah itu juga dengan cara intai – intai. Tapi ini bukan hal yang mustahil untuk bisa dilakukan tindakan – tindakan.

“Pertama pengawasannya, kemudian patroli – patroli harus ada siang malam dan tidak berhenti, ada juga optimalisasi dari Gubernur Kepri. Keberadaan limbah ini juga sangat mengganggu, dan terkena imbasnya adalah pantai – pantai yang merupakan sebagai sentra – sentra bahari di Kabupaten Bintan,” tuturnya.

Ia mengutarakan, meski palakunya warga negara asing akan tetap diproses. Karena UU lingkungan hidup itu sudah jelas ada sanksi pidana dan denda beberapa miliar.

“Hukum ini juga, berlaku bagi siapa saja, asal sejauh berada pada yuridis wilayah Indonesia,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti mengucapkan terimakasih atas support yang diberikan Wakil Gubernur Kepri.

“Pada hari ini, kami akan mengajak semuanya melakukan pembersihan pantai ini dari ujung ke ujung. Hal ini juga adalah kegiatan sadar wisata bersama TNI dan Polri serta masyarakat. Selamat melaksanakan program Eco Heroes 2015,” imbuhnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.