Ekonomi Kedai Kopi di Masa Pandemi

by -209 views
Pemilik kedai kopi Daydo, Daydo
Pemilik kedai kopi Daydo, Daydo
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Ekonomi di masa Pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia dikabarkan merosot dari masa sebelumnya.

Tidak terkecuali di setiap daerah, perekonomian di masa pandemi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat.

Termasuk di Provinsi Kepri yang saat ini kasus konfirmasi semakin meningkat, perekonomian masyarakat pun terimbas sehingga sangat terasa bagi pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM).

Di Kota Tanjungpinang yang merupakan Ibukota Provinsi Kepri juga mengalami hal yang sama.

Contohnya pelaku usaha Kedai Kopi yang awal sebelum masa pandemi perekonomian terasa menggeliat namun kini terasa merosot.

Salah satu pemilik kedai kopi Daydo saat dikonfirmasi oleh awak media ini mengatakan usaha yang ia rintis dari Nol ini sangat terasa penurunan perekonomian keluarga.

“Sebelum Covid-19, ekonomi kita lebih dari cukup. Sekarang, kita lihat sendiri aja la Bang, sehari bisa dilihat hanya beberapa orang yang datang menikmati secangkir kopi,” ujarnya.

Daydo menjelaskan, untuk di saat masa pandemi Covid-19 ini, kedai kopi yang dikelolanya ini untuk berharap keuntungan lebih sangat sulit.

Lanjut Daydo, dapat bertahan saja sudah cukup dan bersyukur.

“Yang penting sekarang ini cukup untuk makan, dapat membiayai anak sekolah, dan lainnya sudah syukur Alhamdulillah,” terangnya.

Kedai kopi yang juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini, sehari harinya hanya bisa dikatakan tempat tongkrongan berjam jam dengan ditemani secangkir kopi bagi penikmat kopi.

Hal ini juga dirasakan semua pemilik kedai kopi di Kota Tanjungpinang. Berbagai cara dilakukan untuk bertahan, seperti memfasilitasi karaoke, wifi dan makanan penyeimbang perekonomian di kedai kopi.

Sementara itu, pantauan awak media ini di beberapa kedai kopi juga mengalami hal yang sama. Hanya beberapa orang duduk menikmati nikmatnya kopi. Namun , mirisnya bisa duduk berjam jam sambil ngenet menggunakan wifi. (*)

Penulis: Novendra

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.