Nurdin Basirun Buka MTQ X Kota Tanjungpinang

by -326 views
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memukul beduk
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memukul beduk
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2016 yang dilaksanakan di Terminal Sungai Carang Bintan Centre, KM 9 Tanjungpinang, Minggu (24/4) malam.

Dalam sambutannya, Nurdin menyampaikan, MTQ yang dilaksanakan di setiap kabupaten/ kota di Kepri ini bukan hanya untuk mencari Qori dan Qoriah atau juara. Tetapi tujuan akhir adalah menjadikan Al – Qur’an sebagai pedoman hidup yang hakiki serta membumikan Al – Qur’an.

“Semua tingkah laku, pemikiran, kebijakan yang kita lakukan hendaknya berpedoman pada isi kandungan Al – Qur’an,” ucap Nurdin.

Dia mengutarakan, selama penyelenggaraan MTQ di tingkat kabupaten/ kota di Provinsi Kepri yang hadirinya, nuansa agama dalam membumikan Al – Qur’an begitu terasa.

“Ini bukti masyarakat Kepri cinta Al – Qur’an serta memahami nilai – nilai Al – Qur’an dengan mengaplikasikan sebagai pondasi untuk pembangunan Kepri,” paparnya.

Senada dengan itu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH mengatakan, melalui MTQ ini mampu menciptakan nuansa religius dan ketenangan bagi masyarakat.

“Disamping itu, meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan pemahaman Al – Qur’an bagi generasi muda dan masyarakat di Kota Tanjungpinang,” ucap Lis.

Dikesempatan itu, Lis mengucapkan selamat kepada seluruh kafilah yang akan berlaga di ajang MTQ X tahun 2016.

“Selamat mengikuti MTQ, raihlah prestasi yang terbaik,” kata Lis.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd mengatakan, setiap cabang yang dilombakan pada kegiatan MTQ setiap tahun dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota/ kabupaten, provinsi, maupun nasional bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil dari MTQ. Dengan kegiatan pembelajaran Al – Qur’an yang berlangsung di masyarakat, seperti TPA, TPQ, dan MDA di wilayah Kota Tanjungpinang.

“Maka, daerah akan mampu melakukan pengkaderan qori/ qoriah yang berprestasi secara mandiri, sehingga dapat mengirimkan qori/ qoriah yang baru pada setiap penyelenggaraan musabaqah,” ucapnya.

Oleh karena itu, Syahrul mengajak untuk mengamalkan dan mengembangkan syiar Al – Qur’an didalam kehidupan sehari – hari, dan secara bersama ditingkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran Islam di tengah masyarakat.

Dalam laporannya, Ketua Panitia MTQ X Tanjungpinang, Drs. Riono M.Si mengatakan, MTQ merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap Al – Qur’an, sekaligus untuk memilih para Qori/ Qoriah, Hafish/ Hafishah, Mufassir/ Mufassirah Kota Tanjungpinang untuk diikutsertakan pada seleksi Tilawatil Qur’an keenam tingkat Provinsi Kepri mendatang.

MTQ X tingkat Kota Tanjungpinang diikuti oleh kafilah dari empat kecamatan se – Kota Tanjungpinang, yakni Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kecamatan Bukit Bestari, dan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Adapun Cabang yang akan diperlombakan, yakni cabang Tilawah Al – Qur’an, golongan tilawah anak – anak, remaja, dan dewasa putra dan putri, golongan Tartil, Qiraat saba’ah putra dan putri. Kemudian cabang Hifzh Al – Qur’an, golongan 1 juz, 5 juz, dan 10 juz, cabang fahmil Qur’an, cabang sahril Qur’an, cabang khat Al – Qur’an, golongan naskah dan hiasan mushaf, dan dekorasi, serta cabang M2IQ. Ada juga perlombaan qasidah, marawis remaja dan dewasa, serta bazar.

Tema pada MTQ X tahun ini adalah “Membumikan Al – Qur’an sebagai falsafah hidup menuju pembangunan yang berakhlak mulia dan sejahtera”.

Acara dihadiri, para Asisten, staf ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, serta Lurah dilingkup Pemko Tanjungpinang. Hadir juga unsur FKPD, Kepala Biro Kesra Provinsi, Ketua TP – PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, serta masyarakat Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.