Pelaku Curanmor Diringkus Polsek Tanjungpinang Timur

by -24 views
Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP FIRUDDIN saat Pres Rilis Tersangka Curanmor
Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP FIRUDDIN saat Pres Rilis Tersangka Curanmor
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Seorang pria, RS (25) tidak berkutik ketika diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) Yamaha Mio warna putih BP 4658 WH milik korban yang dicurinya saat terpakir di garasi rumah di
Kampung Wonosari, Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur pada Sabtu 22 Agustus 2020 sekira pukul 19.30 WIB lalu.

“Hasil penyelidikan kita di lapangan, akhirnya berhasil menangkap tersangka RS beserta barang bukti sepeda motor milik korban yang dicurinya tersebut. Tersangka kita tangkap pada Rabu 04 November 2020 sekira pukul 20.00 WIB saat diketahui keberadaannya disalah satu warnet di Jalan Ganet,” kata
Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, melalui Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Firuddin, Senin (16/11/2020).

Firuddin menjelaskan, kejadian berawal saat korban berinisial YK sepulang dari rumah temannya, lalu memarkirkan sepeda motor tersebut di garasi rumahnya dengan kondisi kunci kontak masih berada di sepada motornya.

“Berselang beberapa jam kemudian, usai korban tertidur dan terbangun sekira pukul 05.45 WIB, lalu menuju dapur untuk sarapan sekira pukul 06.30 WIB, istri korban mendapati sepeda motornya tersebut sudah hilang dan tidak ada lagi ditempat parkirnya semula,” tutur Firuddin.

Atas kejadian tersebut, korban lalu melaporkannya ke Mapolsek Tanjungpinang Timur untuk dilakukan proses penyelidikan.

“Korban mengaku mengalami kerugian sebesar 6.000.000,” ucap Firuddin.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan usai melakukan penangkapan terhadap tersangka RS, lanjut Firuddin, mengakui pada saat kejadian, ia mendapati sepeda motor korban tersebut terpakir dalam kondisi kunci kontak masih menggantung, sehingga timbul niatnya untuk melakukan pencurian.

“Tersangka lalu menghampiri dan mendorong sepeda motor korban tersebut sejauh 50 meter, lalu menuju ke mess tempat kerja tersangka di Galang Batang Kabupaten Bintan,” kata Firuddin.

Tidak sampai disitu, tersangka lalu berusaha merubah semua bentuk asli dari sepeda motor korban termasuk mengganti plat nomor polisi yang awalnya BP 4658 WF menjadi BP 5291 TC dan bertuliskan putra (diduga palsu) dan tersangka membuka sticker dan mengecat body motor tersebut agar berubah warna dari aslinya, juga menghilangkan nomor rangka dengan menggunakan 1 unit gerinda agar tidak mudah mengenali sepeda motor yang tersangka curi itu.

“Perbuatan tersangka dapat dijerat sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke-3 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun,” tutup Kapolsek Tanjungpinang Timur. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.