Pencapaian Target 2,6 Juta Wisman ke Kepri Sangat Berat

by -221 views
Kepala BPS Kepri Panusunan Siregar Saat Jumpa Pers. Foto NOVENDRA
Kepala BPS Kepri Panusunan Siregar Saat Jumpa Pers. Foto NOVENDRA
Iklan Banner
Kepala BPS Kepri Panusunan Siregar Saat Jumpa Pers. Foto NOVENDRA
Kepala BPS Kepri Panusunan Siregar Saat Jumpa Pers. Foto NOVENDRA

Tanjungpinang. (MK) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Panusunan Siregar menyebutkan kerja Dinas Pariwisata Provinsi Kepri semakin berat untuk mencapai target 2,6 juta Wisatawan Manca Negara (Wisman) datang ke Kepri.

Pasalnya, hingga Mei 2017 Wisman yang masuk ke Kepri hanya sebanyak 801.896 kunjungan.

“Sangat berat untuk mencapai target dari Kementerian Pariwisata yakni 2,6 juta Wisman ke Kepri,” papar Panusunan kepada beberapa awak media usai jumpa pers di kantornya Jalan A. Yani Km 5 atas, Tanjungpinang, Senin (3/7/2017).

Panusunan mengutarakan, pada Mei 2017 angka kunjungan wisman ke Kepri mengalami penurunan sebesar 15,61 persen dibandingkan jumlah wisman pada April 2017. Jumlah kunjungan pada Mei 151.279 kunjungan. Sedangkan April 2017 sebanyak 179.270 kunjungan.

“Empat pintu masuk wisman ke Kepri seperti Batam, Karimun, Tanjungpinang dan Bintan pada Mei 2017 mengalami penurunan,” ujarnya.

Dia mengemukakan, secara komulatif Januari sampai Mei 2017 angka kunjungan wisman ke Kepri mengalami penurunan sebesar 1,37 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Januari – Mei 2017 wisman mencapai 801.896 kunjungan, sedangkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 813.050 kunjungan,” ucapnya.

Sementara itu, pemerintah dalam merencanakan kebijakan untuk meningkatkan angka wisman ke Kepri harus membuat program yang menarik untuk wisman.

“Jika tidak, sangat berat mencapai target yang telah diberikan Kementerian Pariwisata, karena setiap bulan tidak mencapai 200 ribu wisman ke Kepri,” katanya. (NOVENDRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.