Pilkada 2020 Bentar Lagi, Nama Candra Ibrahim Mencuat

by -204 views
Ketua PWI Cabang Kepri, Candra Ibrahim
Ketua PWI Cabang Kepri, Candra Ibrahim
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan berlangsung tidak lama lagi.

Ada lima kabupaten dan satu kota se-Provinsi Kepri yang akan menggelar Pilkada tahun depan dan diperkirakan dimulai tahapan pada September 2019 mendatang.

Artinya, akan ada 7 Pilkada di tahun 2020 dan hanya Kota Tanjungpinang saja yang tidak menggelar Pilkada pada tahun 2020 mendatang, karena masa jabatan yang kini dijabat Syahrul-Rahma baru akan habis akhir 2023.

Ironisnya, menjelang pelaksanaan Pilkada, sudah banyak nama-nama tokoh masyarakat yang mencuat di permukaan selain nama-nama incumbent, nama-nama baru juga bermunculan.

Pilkada yang menjadi perhatian orang di Kepri saat ini yakni untuk pemilihan pasangan Gubernur Kepri dan Pemilihan pasangan Walikota Batam.

Meski PDIP menjadi pemenang Pemilu Provinsi Kepri disusul Golkar di posisi kedua namun NasDem masih di atas angin, karena Nurdin Basirun selaku Ketua DPW NasDem provinsi Kepri tentu akan turun lagi pada Pilgub 2020.

Ada nama Rudi juga di Batam serta, Alias Welo juga menambah data Nasdem di Lingga. Sementara, Wakil Gubernur Isdianto yang kini menjadi petinggi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Provinsi Kepri disebut-sebut akan maju juga sebagai Calon Gubernur.

Untuk memenangkan Pilkada Gubernur, tentu keduanya harus pandai menarik calon wakilnya dari Batam, karena Batam merupakan dapil gemuk yang persentase pemilihnya lebih dari setengah se-Provinsi Kepri ini.

Sosok tokoh dari Batam yang kini dianggap paling ‘seksi’ yakni Rudi yang kini menjabat sebagai Walikota Batam tentu tidak mau gegabah. Jabatan Walikota Batam kedepan akan semakin seksi apalagi Sekretaris DPW Partai NasDem Kepri ini masih memiliki peluang maju satu periode lagi untuk memimpin Kota Industri serta dalam waktu dekat akan mendapat jabatan ganda sebagai kepala Ex officio BP Batam.

Tentu saja Nurdin dan Isdianto akan banyak menaruh perhatian pada Amsakar Achmad. Elektabilitas Amsakar Achmad sudah teruji empat tahun lalu saat ketua DPD NasDem Batam ini maju sebagai calon Wakil Walikota Batam 4 tahun silam berpasangan dengan Rudi.

Peluang tokoh-tokoh NasDem memang sedang berpeluang lebar dan potensial untuk maju di Pilkada serentak di Kepri 2020 mendatang.

Jika Amsakar maju sebagai Cawagub di Provinsi Kepri, tentu Rudi yang kini namanya sedang moncer di Batam mesti mencari sosok pengganti calon wakilnya.

Belakangan muncul nama Candra Ibrahim yang cukup diterima dan populer di kalangan milinial. Candra yang kini menjabat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kepri ini sebenarnya sempat digadang-gadang untuk diusung NasDem maju di Pilkada Natuna.

Menanggapi namanya yang makin populer, Dirut Harian Batam Pos ini mengakui banyak spekuliasi dan opini masyarakat yang menyebut dirinya untuk maju di Pilkada.

“Saya tidak dalam posisi menerima atau menolak. Saya masih mengikuti dinamika perkembangan politik saja,” katanya menanggapi saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media, Rabu (12/6/2019).

Sementara itu, Dosen dan Praktisi Hukum Dr. Markus Gunawan SH.,M.Kn dalam keterangan persnya menyebut sosok Rudi msih sangat populr di Batam hingga pantas melanjutkan periode keduanya.

“Rudi bisa saja mempertahankan Amsakar, namun peluang Candra Ibrahim juga sangat besar untuk mendampingi Muhammad Rudi, SE,” sebutnya. (*)

Penulis: Novendra

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.