PUPR Tanjungpinang Lakukan Normalisasi Drainase di Kawasan Terdampak Banjir

by -60 views
Kadis PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat S.Hut
Kadis PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat S.Hut

Advetorial, (MetroKepri) – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang telah melakukan normalisasi saluran drainase utama atau primer di beberapa titik kawasan terdampak banjir atau genangan.

Hal ini merupakan salah satu upaya dalam penanganan banjir atau genangan yang terjadi dibeberapa kawasan atau lokasi yang terdampak di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat S.Hut menyampaikan pada tahun 2021 ini pihaknya melalui Bidang Sumber Daya Air, telah melakukan normalisasi di beberapa kawasan yang terdampak banjir atau genangan yakni pertama di kawasan atau lokasi saluran utama disekitar Perumahan Kenangan Jaya 3. Kedua melakukan normalisasi dan pengerukan kolam penampungan air di kawasan Bintan Centre dan yang ketiga akan melakukan normalisasi saluran di Cendrawasih – Ceruk Permata yang terletak di Jalan Peralatan.

Kegiatan Normalisasi Perumahan Permata Galaxy.1
Kegiatan Normalisasi Perumahan Permata Galaxy.1

“Di Jalan Peralatan, InsyaAllah dalam minggu depan akan dikerjakan,” papar Zulhidayat, Jumat (19/11/2021).

Sedangkan, untuk kegiatan normalisasi di kawasan Perumahan Kenangan Jaya 3, telah dilaksanakan pihaknya pada Juli 2021 lalu. Kemudian, pengerukan kolam penampungan air di kawasan Bintan Center, pada awal November 2021 kemarin.

“Upaya normalisasi saluran dengan mengangkat sedimen tanah dan sampah didalam saluran, diharapkan dapat mengurangi dampak banjir atau genangan di kawasan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, kata Zulhidayat, bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Tanjungpinang juga melakukan koordinasi dengan Dinas PU Provinsi Kepri untuk membantu melakukan normalisasi dibeberapa kawasan lainnya.

“Seperti beberapa kawasan yang berada di Kelurahan Batu 9 dan saluran di Wacopek yang merupakan perbatasan antara Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ucapnya.

Kemudian, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV untuk membantu melakukan normalisasi disaluran Sungai Carang dan saluran yang berada di Perumahan Permata Galaxy Km 14 Tanjungpinang.

Kegiatan Normalisasi Perumahan Permata Galaxy.2
Kegiatan Normalisasi Perumahan Permata Galaxy.2

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang sedang menyiapkan Detail Engineering Design (DED) untuk mengatasi lokasi banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat S.Hut mengatakan penyusunan DED ini untuk mengatasi lima titik lokasi banjir di Kota Tanjungpinang.

“Lima titik lokasi itu yakni Bintan Centre, Jala Bestari, Sungai Toca, Anggrek Merah, dan Kampung Kolam,” papar Zulhidayat kepada Metrokepri.com.

Untuk rencana pengerjaannya, kata Zulhidayat, pihaknya akan melaksakan secara bertahap di tahun 2022 mendatang.

“Kita upayakan fisiknya dikerjakan bertahap di tahun depan,” ujarnya.

Masih kata Zulhidayat, karena saat ini masih tahap penyiapan DED, maka pihaknya belum bisa menyampaikan total anggaran yang dibutuhkan dalam pengerjaan lima titk lokasi banjir tersebut.

“Setelah penyusunan DED selesai, baru dapat nilai atau total anggarannya,” ucapnya.

Ia juga berharap, semoga penyusunan DED – nya bisa rampung dalam waktu dekat ini. (*)

Penulis: ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.