Sekda Natuna Sambut Tim Kedubes Jepang

by -67 views
Suasana Pertemuan Antara Tim Kedubes Jepang di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna
Suasana Pertemuan Antara Tim Kedubes Jepang di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Sekda Natuna, Wan Siswandi menyambut kunjungan tim Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Batu Sisir Ranai, Kamis 11 April 2019.

Pertemuan ini turut dihadiri Asisten, pimpinan OPD, para agen travel, penggiat wisata dan pelaku usaha.

Pemerintah Negara Jepang berencana akan membangun destinasi wisata di Kabupaten Natuna.

Pertemuan ini menampung masukan dan kritikan yang di lontarkan para peserta yang hadir mengenai agen travel, homestay, tiket yang mahal dan lokasi diving.

Wan Siswandi saat Memaparkan Kondisi Pariwisata Kabupaten Natuna
Wan Siswandi saat Memaparkan Kondisi Pariwisata Kabupaten Natuna

Salah satu penggiat wisata Natuna, Naen Noan mengatakan, masyarakat luar negeri mengakui alam Natuna yang alami dan indah, ia sudah puluhan kali membawa wisatawan mancanegara ke Natuna. Tapi sayangnya terdapat kekurangan prasarana seperti WC umum tidak ada.

Untuk mempercepat kemajuan daerah wisata, Wan Siswandi telah menghimbau sinergitas antar kantor dinas di lingkungan Pemkab Natuna, tiap dinas diharapkan cepat tanggap terhadap kebutuhan yang diperlukan oleh suatu daerah wisata seperti jaringan internet, jalan dan WC umum.

Hal ini didukung dengan rencana bandara di klarek yang sudah diajukan ke Kementrian Perhubungan pada tahun ini.

Beberapa pertanyaan diajukan perwakilan Kedubes Jepang pada pertemuan tersebut diantaranya, data jumlah turis Jepang yang sudah ke Natuna, dampak pariwisata yang dekat dengan kawasan militer, sementara di Negara Jepang, daerah pariwisata tidak pernah berdekatan dan bersinggungan dengan daerah militer serta sejauh mana infrastruktur yang sudah ada di Natuna.

Wan Siswandi Memberikan Cinderamata Kepada Perwakilan Kedubes Jepang
Wan Siswandi Memberikan Cinderamata Kepada Perwakilan Kedubes Jepang

Sayangnya, ketika Kedubes Jepang bertanya mengenai data-data turis Jepang yang pernah Ke Natuna, tidak ada data mengenai turis jepang yang pernah berkunjung di dinas terkait.

Mengenai daerah wisata yang berdekatan dengan kawasan militer, Wansis mengatakan tidak ada hubungan karena berbeda urusan, lokasinya juga berbeda, dijamin aman serta dilindungi.

“Untuk infrastruktur, sudah memadai seiring pembangunan yang sudah dilaksanakan. Pemerintah Kabupaten Natuna berharap rencana dari pihak Jepang dalam membantu memajukan potensi wisata Natuna dapat berjalan dan ditindaklanjuti,” imbuhnya. (Manalu)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.