Kapolres Imbau Masyarakat Waspada Virus Corona dan Bagikan Masker ke Warga

by -684 views
Imbauan Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal
Imbauan Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Antisipasi akan penyebaran Virus Corona di Wuhan ke Tanjungpinang Ibu Kota Provinsi Kepri, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan potensi terjangkitnya virus berbahaya tersebut.

“Karena, Tanjungpinang ini memiliki letak yang strategis dimana dari segi geografis berdekatan dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia,” katanya.

Namun, kata Kapolres, di satu sisi, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang, ada dampak-dampak yang perlu kita antisipasi bersama. Salah satunya berkaitan dengan merebaknya wabah virus Corona ini.

“Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus tersebut. Namun kita juga tidak perlu panik selagi kita selalu waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan,” sebutnya.

Kapolres menjelaskan, adapun yang harus diperhatikan, bila mengalami gejala demam, batuk dan juga kesulitan bernafas, segera konsultasikan dengan dokter atau berobat ke rumah sakit.

Bersihkan tangan maupun tubuh secara rutin. Selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas dan keringkan dengan tisu atau handuk.

“Menutup mulut dan hidung ketika bersin, Gunakan masker, hindari bepergian ke daerah yang terjangkit, hindari kontak fisik dengan orang yang diduga terjangkit dan perbanyak konsumsi air putih agar tenggorokan senantiasa terjaga kelembapannya,” pesan Kapolres Tanjungpinang ini.

Kapolres Tanjungpinang juga mengarahkan Urkes Polres Tanjungpinang untuk selalu berkordinasi dengan rumah sakit setempat perihal wabah virus Corona dan melakukan segala persiapan antisipasi serta sosialisasi bagi Personel Polres Tanjungpinang dan juga masyarakat.

Iptu Zubaidah saat membagikan masker ke warga di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Iptu Zubaidah saat membagikan masker ke warga di Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Virus Corona saat ini menjadi perhatian dunia karena merupakan virus yang berbahaya bagi kesehatan dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasinya. Virus yang menyerang dan merusak sistem pernafasan yang menyebabkan penyakit mirip dengan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS).

“Walaupun sampai saat ini belum ditemukan dampak dan gejalanya di Kota Tanjungpinang, namun kita semua perlu selalu waspada dan melakukan antisipasi terkait penularan dan penyebaran virus tersebut,” kata Kapolres melalui Kasat Binmas Iptu Zubaidah di lokasi pembagian masker, Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Merespon hal tersebut, dalam rangka antisipasi penularan dan penyebaran virus Corona, Polres Tanjungpinang melalui Sat Binmas, Urkes Polres Tanjungpinang juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang membagikan sebanyak 1000 (seribu) masker gratis untuk masyarakat.

Pembagian masker dipusatkan di 2 (dua) tempat yaitu Pelabuhan SBP dan Bandara RHF Tanjungpinag yang merupakan pusat keluar masuk pendatang, pengunjung juga wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Dengan membagikan masker ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Polres Tanjungpinang untuk sedapat mungkin mencegah penularan virus Corona,” ungkapnya.

Walaupun sampai saat ini belum ada indikasi maupun gejala virus Corona yang menjangkiti masyarakat, namun sedini mungkin dilakukan langkah-langkah antisipasi agar virus Corona tidak menyebar dan menjadi wabah di Kota Tanjungpinang. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.