Ketua DPRD Kepri Apresiasi Kapal Bakamla Buatan Batam

by -78 views
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Berbincang Dengan Kepala Bakamla
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Berbincang Dengan Kepala Bakamla
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Tiga unit Kapal Negara (KN) baru karya anak bangsa, secara resmi masuk ke jajaran Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang kini terkenal dengan sebutan Indonesian Coast Guard (IDNCG).

Peresmian tiga Kapal Negara (KN) yang berfungsi sebagai kapal patroli itu ditandai dengan pengguntingan pita dalam suatu upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) Laksdya Bakamla A. Taufiq R, di Galangan PT. Citra Shipyard, Batam, Jumat (18/10/2019).

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Menghadiri Acara Peresmian Tiga Kapal Baru Bakamla
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Menghadiri Acara Peresmian Tiga Kapal Baru Bakamla

Ketua DPRD Kepulauan Riau Jumaga Nadeak saat hadir dalam acara peresmian tersebut mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas diresmikannya tiga KN yang nantinya akan memperkuat pertahanan di wilayah perairan Indonesia.

“Tentu saya sangat bangga dengan prestasi anak bangsa kita yang bisa membangun kapal sedemikian rupa dan digunakan negara untuk memperkuat Bakamla,” kata Jumaga.

Ia juga mengatakan bawasanya prestasi seperti ini harus terus ditingkatkan dan didukung penuh oleh pemerintah. Dukungan itu bisa seperti perizinan yang mudah dalam mengirim bahan-bahan baku kapal itu sendiri.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Bersalaman
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak Saat Bersalaman

“Jika perizinannya mudah maka akan banyak perusahaan galangan kapal yang bisa dan mampu tentunya membuat kapal-kapal seperti ini dan itu sesuai dengan program presiden yakni berdikari dibidang ekonomi, berdaulat di bidang politik dan berkepribadian di bidang kebudayaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan di bidang ekonomi, jika sudah mampu membuat kapal sendiri, kenapa mesti pesan dari luar negeri dan efeknya nanti akan banyak menyerap tenaga kerja yang otomatis akan menguatkan perekonomian masyarakat.

Jumaga juga menambahkan dengan kemampuan dalam membangun kapal terutama kapal yang digunakan oleh angkatan perang, maka negara-negara lain pasti akan meliriknya.

“Dengan catatan bahwa kapal yang kita produksi harus memiliki kualitas dan daya saing dengan kapal-kapal buatan luar negeri,” imbuhnya. (Red/ Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.