Lis Hadiri Pembukaan TMMD Ke – 95 di Senggarang

by -254 views
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat menyerahkan sembako kepada warga
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat menyerahkan sembako kepada warga
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Ratusan anggota TNI tampak berbaris rapi di lapangan Vihara Senggarang pada Kamis (8/10). Pagi itu Komandan Korem (Danrem) 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Madsuni memimpin upacara pembukaan kegiatan TMMD yang ke – 95 tahun 2015.

Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan”.

Pada kegiatan itu juga, turut hadir Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danwing Udara 2, Penjabat Bupati Bintan, Kapolres Bintan, Kepala Kesbangpolipenmas Kota Tanjungpinang, Kadis Pariwista dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Camat Tanjungpinang Kota, Lurah Senggarang dan Lurah Kampung Bugis.

Dalam sambutannya, Danrem 033/ WP, Brigjend Madsuni membacakan amanat resmi Kepala Staff TNI AD, Jendral TNI Mulyono. Program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat.

“Melalui program ini, diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan yang sekaligus sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD yang disusun dengan system Bottom up Planning,” ucap Danrem.

Danrem menyampaikan, melalui program TMMD secara berkesinambungan ini, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan Negara.

Program dalam kegiatan yang meliputi sasaran non fisik yaitu berupa penyuluhan – penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

“Sedangkan sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat didaerah,” kata Danrem.

Program TMMD ini juga sebagai salah satu langkah mewujudkan program GEMA SANG JUARA, yaitu Gerakan Masyarakat Membangun Sejuta Jamban Untuk Keluarga Indonesia sehingga menjadi KATAJAGA yakni Kampung Total Jamban Keluarga, dengan tujuan untuk merebut hati rakyat sehingga TNI dapat selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya.

Pada upacara itu juga, dilakukan penyerahkan secara simbolis peralatan kerja oleh Madsuni.

Usai acara, Wali Kota Tanjungpinang, Lis menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Pemerintah Kota Tanjungpinang merasa sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini. Untuk itu, Pemko Tanjungpinang akan selalu siap untuk bersinergi dan bekerjasama.

“Pemko juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk kegiatan ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” papar Lis.

Menurut Lis, kegiatan ini sangat efektif dan efisien dalam pelaksanaan pembangunan didaerah pesisir dan pedesaan. Karena kegiatan ini dapat langsung menyentuh dan berdampak pada masyarakat desa dan pesisir.

“Semoga dengan kegiatan TMMD ini, dapat membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan daerah, sehingga Kota Tanjungpinang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya jadi semakin maju dan sejahtera,” imbuhnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.