Pencegahan Covid-19, Lis Sebut Atensi Kita Bersama

by -59 views
Anggota DPRD Provinsi Kepri Fraksi PDI Perjuangan Lis Darmansyah SH
Anggota DPRD Provinsi Kepri Fraksi PDI Perjuangan Lis Darmansyah SH
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan Atensi kita bersama warga Negara Indonesia. Masing masing kita memiliki peran, tetapi tujuannya sama yaitu memerangi Covid-19.

Hal ini dituturkan oleh Anggota DPRD Provinsi Kepri Lis Darmansyah SH kepada awak media ini, Rabu (25/03/2020) di Tanjungpinang.

“Masyarakat diharapkan untuk mengisolasi diri bersama keluarga dulu di rumah. Petugas medis menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien yang tertular,” ujarnya.

Kata Lis lagi, sementara Pemerintah Daerah (Pemda) beserta perangkat yang ada, harus bergotong royong menanggulangi penyebaran virus tersebut. Baik dalam bentuk sosialisasi yang secara terus menerus dilakukan terkait virus corona, melalui media yang mudah diakses ataupun dibaca masyarakat.

“Maupun melalui penyemprotan Disinfektan yang dilakukan di sarana publik, seperti Masjid dan tempat ibadah lainnya, kantor kantor pelayanan publik, pasar dan pusat perbelanjaan, lokasi lokasi mesin ATM dan sarana publik lainnya ataupun membagikan hand sanitaizer gratis kepada masyarakat,” sebut Lis.

Lanjut Lis, disamping upaya penanganan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, hal lain yang perlu juga menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) maupun stakeholder yang ada adalah terkait dampak akibat penyebaran virus Corona maupun kebijakan yang diambil terkait social distance.

“Dampak yang paling nyata adalah dampak ekonomi, dimana musibah ini mau tidak mau suka tidak suka sangat berdampak bagi perekonomian Indonesia termasuk di Kepri,” ungkapnya.

Menurut Lis, selain berdampak pada ekonomi makro, juga berdampak secara mikro khususnya menyangkut pergerakan ekonomi masyarakat. Dimana berbagai usaha masyarakat menjadi sepi, mulai dari perhotelan, transportasi, pedagang kecil maupun pedagang kaki lima, pasar tradisional, usaha tempat makan dan minum.

“Serta pendapatan bagi buruh becak maupun buruh pelabuhan yang menghandalkan lalu lintas orang dan barang. Ini juga harus menjadi Atensi Pemda,” kata Lis.

Sehingga, dengan begitu, selain upaya dilakukan dalam menanggulangi penyebaran virus Corona, hendaknya juga difikirkan keberlangsungan hidup mereka, paling tidak bantuan sembako ataupun bantuan kebutuhan pokok lainnya dapat disuplai bagi mereka yang memang sangat membutuhkan dalam situasi seperti saat ini.

Pada kesempatan ini juga, PDI Perjuangan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada TNI-POLRI, Para Dokter dan Tenaga Medis yang menjadi garda terdepan, Pemda maupun pihak pihak terkait yang baik secara langsung maupun tidak langsung terlibat aktif dalam penanganan penyebaran Covid-19 khususnya di Provinsi Kepri.

“Saya berharap juga kepada masyarakat, agar tetap tenang dan mengikuti setiap imbauan yang disampaikan oleh pemerintah. Hal tersebut semata mata demi menjaga kita semua dari bahaya Covid-19,” tutup Lis. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.