Permudah Layanan Administrasi, Kominfo Tanjungpinang Terapkan Tandatangan Elektronik

by -66 views
Kadis Kominfo Tanjungpinang, Ruli Friady
Kadis Kominfo Tanjungpinang, Ruli Friady

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Guna mempermudah proses percepatan layanan administrasi, Dinas Kominfo Tanjungpinang dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang penerapan tandatangan elektronik dan sertifikat elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Selasa (12/4/2022).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Ruli Friady dan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik pada BSSN, Jonathan Gerhard Tarigan, secara daring atau elektronik melalui aplikasi Sistem Monitoring Layanan Sertifikat Elektronik (SIMANTAPS) dari Kantor Dinas Kominfo Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kominfo Tanjungpinang, Ruli Friady mengungkapkan tahapan dalam perjanjian kerjasama ini dimulai sejak Januari tahun 2022 melalui konsultansi awal, sosialisasi terkait sertifikat elektronik oleh BSrE, analisis kebutuhan sistem, draft perjanjian kerja sama oleh tim, hingga terbitnya surat rekomendasi sebagai data dukung pelaksanaan perjanjian kerja sama.

“Setelah melalui beberapa kali perubahan pada draft perjanjian kerja sama, maka dicapai kesepakatan dan hari ini kita mendapatkan jadwal yang telah disepakati sebelumnya untuk penandatanganan kerja sama,” papar Ruli.

Menurut Ruli, tandatangan elektronik (TTE) bermanfaat dalam efisiensi waktu perolehan dokumen yang ditandatangani, praktis karena dapat dilakukan melalui smartphone, mempunyai kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah, keamanan identitas diri terjamin dan dilindungi kerahasiaannya.

“Selain itu, hemat biaya dan tentu mengurangi penggunaan kertas (eco-friendly),” ujar Ruli.

Tanda tangan elektronik ini, lanjut Ruli, telah resmi diterbitkan BSSN. Kemudian akan diintegrasikan dengan penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), sehingga administrasi penandatanganan surat masuk maupun surat keluar oleh OPD sudah secara elektronik.

“Harapannya, dalam waktu dekat tanda tangan elektronik ini bisa diterapkan secara menyeluruh sehingga kinerja Pemko Tanjungpinang semakin efisien dan akuntabel,” ucapnya.

Saat melakukan penandatanganan, Kadis Kominfo Tanjungpinang didampingi pejabat eselon dan staf bidang statistik dan persandian Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang.

Sebagai informasi, beralihnya penggunaan tanda tangan basah menjadi tanda tangan elektronik tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Penggunaan tanda tangan elektronik memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah. Secara legal tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah atau manual. (Red/ Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.