Polres Natuna Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2019

by -49 views
Foto Bersama Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2019 di Halaman Mako Polres Natuna
Foto Bersama Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2019 di Halaman Mako Polres Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Natuna melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2019 di Halaman Mako Polres Natuna, Kamis 19 Desember 2019.

Dengan tema “Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait” Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Saat itu, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK bertindak sebagai pimpinan upacara dan membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis M.Si.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu 1 Januari 2020,” kata Kapolres.

Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Kapolri menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani yakni tetap menjaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggungjawabnya, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy sistem. Mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, FKPD, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin SE, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Peserta apel terdiri gabungan Pom AD, Pom AU, Pom AL dan Provost, TNI AD (Yon Komposit I/ Gardapati dan Kodim 0318/ Natuna), TNI AL, TNI AU, Sabhara dan Polair, Staf Polres dan Polsek, Lantas, Satreskrim dan ResNarkoba, Basarnas, Dishub, Satpol PP, Damkar, Dinkes, Rapi dan MPC Pemuda Pancasila Natuna. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.