Polres Tanjungpinang Minta Dinkes dan BMKG, Segera Bentuk Posko Kesehatan

by -103 views
Kasat Intelkam AKP Monang P Silalahi photo bersama perwakilan Dinkes Kota Tanjungpinang, BMKG dan didampingi dua Anggota Polres Tanjungpinang
Kasat Intelkam AKP Monang P Silalahi photo bersama perwakilan Dinkes Kota Tanjungpinang, BMKG dan didampingi dua Anggota Polres Tanjungpinang
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Saat ini Kota Tanjungpinang dilanda kemarau panjang yang mana wilayahnya merupakan hutan dan lahan sehingga berdampak pada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Belum selesai dengan masalah Karhutla, beberapa hari ini Kota Tanjungpinang mendapat kiriman asap dari Provinsi Riau sehingga berdampak pada pencemaran udara dan jarak pandang yang sudah terbatas.

Dengan demikian Polres Tanjungpinang melalui Kasat Intelkam AKP Monang P Silalahi melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dan BMKG Tanjungpinang, Sabtu (14/9/2019) sore.

Monang menjelaskan, menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, bahwa telah berkoordinasi dengan Tim BTKLPP (Balai Tekhnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) berdasarkan pengukuran ISPU (Indeks Standar Pencemar Udara) berada di level 99 termasuk kategori sedang (51 – 100).

Lanjut Monang, Sedangkan hasil koordinasi dengan BMKG Saudari Diana, bahwa visibility atau jarak pandang di Bandara Internasional RHF Tanjungpinang masih dalam keadaan normal antara 5-7 Km.

“Hal tersebut belum masuk ke dalam tahap yang mengkhawatirkan dalam penerbangan,” kata Kasat Intel kepada awak media ini.

Lanjut Monang, Diana juga menjelaskan bahwa kabut asap yang berada di Kota Tanjungpinang merupakan asap kiriman dari Kalimantan, Jambi dan Riau.

“Karena, hasil pantauan BMKG Tanjungpinang belum terdeteksi adanya titik panas (hotspot) berada di wilayah Kota Tanjungpinang,” terangnya.

Akan hal tersebut, Monang menyarankan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang untuk segera mengambil tindakan membuat posko kesehatan bersama instansi terkait.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Dalduk dan KB Kota Tanjungpinang Rustam juga menyampaikan, apabila terjadi peningkatan kabut asap di wilayah Kota Tanjungpinang maka pada hari Senin (16/9/2019) depan akan dilaksanakan Rapat Koordinasi.

“Kita akan mengundang pihak-pihak terkait dan membentuk posko sebagaimana saran dari Polres Tanjungpinang,” katanya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.