Siaga Bencana, Polres Tanjungpinang Gelar Apel Pasukan

by -55 views
Kapolres Tanjungpinang AKBP M.Iqbal bersama-sama saat mengecek kesiapan pasukan siaga bencana
Kapolres Tanjungpinang AKBP M.Iqbal bersama-sama saat mengecek kesiapan pasukan siaga bencana
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Siaga terjadinya bencana di Kota Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang gelar apel pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di halaman Mako Polres Tanjungpinang jalan A.Yani km 5, Rabu (11/12/2019) pagi.

Apel itu pimpin langsung oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH,.S.I.K.,M.Si. dan dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma S.IP, Forkopimda Tanjungpinang, Pejabat dari unsur TNI dan Polri, pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPMD, Basarnas, Tagana, KSOP, serta anggota dari tiap instansi berjumlah kurang lebih 700 orang.

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan dan peserta apel yang hadir pada pelaksanaan apel gelar pasukan ini.

Selanjutnya, Kapolres juga menyampaikan amanat dari Kapolda Kepri Irjen. Pol. Andap Budhi R S.IK, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, BNPB, Basarnas dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana.

Menurut amanat tersebut, Provinsi Kepri yang merupakan wilayah kepulauan cukup rentan akan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya.

“Maka dari itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,” kata Kapolres melanjutkan amanat Kapolda Kepri.

Kapolres berharap, seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana di semua lini dari tingkat Kelurahan hingga Provinsi.

“Juga meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana,” sebutnya meneruskan.

Selain itu, lanjut Kapolres, perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana dalam tim terpadu bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, pada rangkaian pelaksanaan apel gelar pasukan juga dilaksanakan pengecekan terhadap peralatan SAR terbatas antisipasi bencana alam yang dimiliki Polres Tanjungpinang. (*)

Penulis: Novendra/Humas Polres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.