35 Mahasiswa Asal Natuna Diwisuda, Pemkab Akan MoU Dengan UT

by -24 views
Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti saat memberikan kata sambutan
Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti saat memberikan kata sambutan
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menghadiri Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Universitas Terbuka (UT) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 di Pasific Palace Hotel, Kota Batam, pada Minggu 2 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Ngesti menjelaskan bahwa pada UPI UT Batam tahun ini, terdapat 35 orang mahasiswa asal Kabupaten Natuna yang menerima ijazah.

Ngesti berharap seluruh mahasiswa/ i yang telah diwisuda tetap semangat. Selanjutnya, diharapkan dapat kembali ke daerah untuk mengembangkan ilmu yang didapat bagi mendukung pelaksanaan pembangunan daerah.

Ngesti saat menyalami mahasisiwa yang menerima ijajah dari UT
Ngesti saat menyalami mahasisiwa yang menerima ijajah dari UT

Ngesti mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna berencana untuk melakukan Moratorium of Understunding (MoU) dengan pihak UT supaya dapat mengikutsertakan para tenaga guru tingkat TK, SD dan SLTP bagi yang belum mendapatkan ijazah D IV maupun S1, karena menurutnya terdapat sekitar 200 orang lebih guru daerah yang saat ini berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di UT.

Untuk saat ini, Ngesti mengatakan bahwa Natuna belum mampu memenuhi sistem penjamin mutu internal sekolah, karena masih ada 2 raport merah yang menjadi penghambat, dari 8 standart pendidikan nasional yang harus dicapai yakni standart Sarana dan Prasarana serta standart Guru Tenaga Kependidikan (GTK).

Untuk itu, lanjut Ngesti, harus ada upaya peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya dengan cara mensarjanakan seluruh tenaga guru yang ada. Rentang kendali antara Natuna dengan Kota Batam yang sangat jauh, juga menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat Natuna untuk mengikuti proses pembelajaran di UT.

Ngesti saat menerima cinderamata dari UT
Ngesti saat menerima cinderamata dari UT

Oleh karena itu, Ngesti berharap melalui MoU tersebut nantinya pihak UT dapat membuka perwakilan di Kabupaten Natuna agar daerah dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan terampil, sebagaimana keberadaannya di kota-kota besar.

Upaya tersebut dilakukan oleh Pemerintah Daerah, merupakan salah satu dukungan terhadap program Presiden RI Ir. Joko Widodo yaitu tentang peningkatan SDM unggul demi Indonesia Maju, khususnya bagi Natuna sebagai salah satu wilayah perbatasan diujung utara NKRI.

Upacara Penyerahan Ijazah UT Batam bagi 365 wisudawan/ i berasal dari 7 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepulauan Riau ini juga dihadiri langsung oleh Rektor UT Indonesia, Prof. Dr. Odjat Darujat, UPPJJ UT Batam Eliyaki Juli MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Alunan serta para tamu undangan lainnya. (Pro_Kopim/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.