BC: Kendaraan FTZ Dilarang Masuk ke Kota Tanjungpinang

by -1,153 views
Kepala BC foto bersama Danlantamal, Kapolres Tanjunpinang
Kepala BC foto bersama Danlantamal, Kapolres Tanjunpinang

Tanjungpinang, (MK) – Kendaraan roda dua maupun roda empat yang surat tanda nomor kendaraan (STNK) berstatus FTZ atau kawasan bebas, dilarang masuk ke wilayah Kota Tanjungpinang.

Akan hal itu, Kepala Kantor Bea dan Cukai Kota Tanjungpinang, Duki menghimbau, para pengendara yang menggunakan kendaraan dengan fasilitas FTZ diharapkan untuk mengurus surat – surat kendaraanya jika hendak masuk ke Kota Tanjungpinang.

“Untuk mengurus surat izinnya, silahkan datang langsung ke Kantor Bea dan Cukai di Jalan S.M Amin nomor 11 Tanjungpinang,” ujar Duki, Jum’at (5/2).

Dia mengutarakan, kendaraan roda dua dan roda empat dengan fasilitas FTZ tersebut dilarang keras masuk ke Kota Tanjungpinang.

“Tanjungpinang bukan daerah kawasan bebas. Hal ini juga, sesuai dengan peraturan Bea dan Cukai nomor: 47/PMK.04/2012 tentang tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari kawasan yang telah ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas,” papar Duki.

Terkait hal itu, pihaknya akan bekerjasama dengan Polres Tanjungpinang untuk melaksanakan razia kendaraan roda dua dan roda empat berstatus FTZ yang diduga masuk ke Tanjungpinang.

“Razia itu juga bertujuan untuk menertibkan pengguna kendaraan yang mempunyai fasilitas FTZ yang saat ini beredar info adanya kendaraan FTZ masuk ke Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Kerja sama ini juga dilakukan, karena pihaknya (BC) tidak mempunyai wewenang untuk menyetop kendaraan atau memeriksa kendaraan yang berstatus FTZ.

“Makanya kita akan lakukan kerjasama dengan Polres Tanjungpinang dalam penanganan ini,” katanya.

Kerjasama nanti, kata Duki, akan dilakukan dengan Satlantas Polres Tanjungpinang yang mempunyai wewenang melakukan pemeriksaan kendaraan.

“Kami, BC Tanjungpinang akan menindak status FTZ – nya. Hal ini merupakan wewenang kami,” ucapnya. (NOVENDRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.