FKDM: Peran Media Penting Dalam Menangkal Hoax dan Radikalisme

by -97 views
FKDM Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan Pentingnya peran media dalam menangkal Hoax dan Radikalisme
FKDM Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan Pentingnya peran media dalam menangkal Hoax dan Radikalisme
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Kepri bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepri dan Kesbangpol Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan Menguatkan Peran Media Massa dalam Menangkal Hoax dan Radikalisme di Kedai Kopi Batu 10 Tanjungpinang, Selasa (15/10/2019).

Peran atau fungsi media sangatlah penting dalam memerangi Hoax dan menangkal Radikalisme di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepri Lamidi saat menyampaikan kata sambutannya di depan para pengusaha Pers yang ada di Kepri.

“Dengan media, dapat menjadi corong bagi masyarakat untuk menghilangkan kepercayaan terhadap suatu informasi yang beredar di media sosial yang belum diketahui kebenarannya,” sebutnya.

Menurut Lamidi, menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap media massa itu sangatlah penting.

“Disinilah peran media diharapkan dapat menangkal informasi Hoax yang dapat menimbulkan paham Radikalisme di media sosial. Sehingga kepercayaan masyarakat timbul kepada media massa di zaman serba digital ini,” terangnya.

Dikesempatan itu juga, Ketua FKDM Provinsi Kepri Ridarman Bay mengatakan, kegiatan ini merupakan program untuk menangkal perkembangan berita Hoax dan paham radikalisme yang bisa terjadi di Kepri.

“Perkembangan dan penyebaran berita Hoax dan paham radikalisme ini dapat mengancam keamanan dan stabilitas di masyarakat,” ucapnya.

Ridarman menjelaskan, peran Media sangatlah penting untuk menerangi penyebaran berita hoax dan pahan radikalisme ini.

“Kita sangat berharap media massa dapat memberitakan hal-hal yang benar di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan konsep jurnalistik yang memenuhi unsur 5W 1H dalam berita, bila salah satu unsur tidak terpenuhi jangan di terbitkan,” imbuhnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.