Gubernur Kepri Kunjungi Pulau Pekajang

by -219 views
Gubernur Kepri, Drs. HM Sani yang didampingi anggota Dewan Kepri, Ing Iskandarsyah. Foto Ian
Gubernur Kepri, Drs. HM Sani yang didampingi anggota Dewan Kepri, Ing Iskandarsyah. Foto Ian
Iklan Banner

Lingga, (MK) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Drs H. Muhammad Sani bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, serta sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri mengunjungi Pulau Pekajang, Desa Pekajang Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Senin (6/4).

Rombongon Gubernur Kepri tiba di Pulau Pekajang sekitar pukul 12.20 WIB dan disambut masyarakat Desa Pekajang bersama Wakil Bupati Lingga, Drs. Abu Hasim.

Kunjungan Gubernur Kepri, Drs. HM Sani ini juga, dalam rangka kunjungan kerjanya sekaligus silahturahmi dengan masyarakat Desa Pekajang.

Pada silahturahmi tersebut, Camat Lingga, Agus Karyadi selaku pembuka acara mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kepri bersama rombongan di Desa Pekajang.

“Pada kesempatan ini, kami mngucapkan terimakasih yang tak terhingga. Alhamdulillah, pada hari ini kami bertemu dengan Gubernur Kepri. Mudah – mudahan, dengan pertemuan ini perkembangan pembangunan di daerah ini dapat terlaksana hingga kedepannya,” ucap Agus.

Agus memaparkan, jumlah pendudu Desa Pekajang saat ini mencapai 513 jiwa, dan 442 kartu keluarga (KK), yang terdiri dari 195 laki – laki, dan 247 perempuan.

“Pulau Pekajang ini terdiri dari 7 pulau dan asal muasalnya dari sebuah kapal Belanda yang terdapat di sekitar sini. Selain itu, saat ini, Pulau Pekajang dan sekitarnya, masuk ke dalam Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau,” paparnya.

Ia menambahkan, di Pulau Pekajang ini juga sudah ada Puskesmas pembantu, dan rata – rata penduduknya adalah nelayan, dan hasil kekayaan alamnya adalah timah.

“Sementara, kebutuhan sembako di Desa Pekajang ini dari Bangka Belitung (Babel). Karena, jarak tempuh ke Lingga lebih jauh daripada ke Babel. Dari sini, ke Bangka Belitung hanya membutuhkan waktu selama 3 jam dengan menggunakan pompon,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap, pelabuhan di Pulau Pekajang yang saat ini rusak parah dapat di perbaiki, karena pelabuhan itu dulunya dibangun oleh pihak Belanda.

“Kami juga berharap, peralatan komunikasi agar terealisasi, karena tower sudah terpasang tapi jaringannya belum. Selain itu, kami juga ingin mengetahui dan kepastian dari Pak Gubernur, apakah maju dalam Pilkada atau mundur,” imbuhnya.

Pihaknya juga memohon kepada Gubernur Kepri, HM Sani dan Wakil Bupati Lingga, Abu Hasim agar membimbing mereka. Supaya pembangunan di Desa Pekajang semakin bertambah kedepannya.

Usai kata sambutan Camat Lingga tersebut, Gubernur Kepri, Drs. H.M Sani menyampaikan, dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Pekajang ini, ia bersama rombongan hanya ingin bersilaturahmi.

“Dalam kunjungan ini, kami akan menyerahkan bantuan sebanyak 10 paket untuk masyarakat Pulau Pekajang,” ucap Sani.

Disisi lain, Gubernur Kepri ini mengatakan, dalam membangun itu tentunya perlu tantangan. “Oleh karena itu, bersabarlah, karena bantuan terbatas dan bagi masyarakat Pulau Pekajang yang belum terbantu sepenuhnya mohon bersabar,” ujar Sani.

Ia mengatakan, sebelum datang di Pulau Pekajang, ia sudah mengetahui kekurangan di daerah tersebut adalah komunikasi.

“Maka, saya bawa kepala Infokom Kepri, Ridwan. Sedangkan, masalah komunikasi dan transportasi disini sangat minim menggunakan kapal besar. Dan dua hal ini juga, merupakan tugas PU dan Dishub,” katanya.

Sementara, masalah komunikasi dan transportasi serta infrastruktur yang diharapkan terlaksana kedepannya. Gubernur Kepri juga masih punya pikiran, dan sudah terekam hanya tinggal melaksanakannya saja.

“InsyaAllah, lima tahun kedepan terlaksana. Oleh karena itu, saya buka pertemuan kita ini. Sehingga, apapun pembangunan di Pulau Pekajang ini kedepannya dapat terlaksana,” ucapnya.

Selain itu, dengan adanya pertanyaan masyarakat Desa Pekajang, apa Gubernur maju atau tidak pada Pilkada mendatang, Sani menyerahkannya kepada masyarakat.

“Tergantung masyarakat mendukung saya apa tidak. Kalau mendukung, maka pekerjaan saya lima tahun kedepan dapat terlaksana,” katanya. (Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.