Lis Buka Musrenbang RPJP Kota Tanjungpinang 2005 – 2025

by -224 views
Lis saat buka Musrenbang
Lis saat buka Musrenbang

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Kota Tanjungpinang 2005 – 2025, di Ballroom Hotel Aston Tanjungpinang, Kamis (10/12).

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah SH mengatakan, visi pembangunan dan pemerintahan Kota Tanjungpinang adalah mewujudkan Kota Tanjungpinang sebagai pusat wisata budaya dan perdagangan terdepan tahun 2015.

“Ini merupakan visi kami sejak saya dan Pak Syahrul diberi amanah oleh masyarakat pada tiga tahun yang lalu,” ucap Lis saat mengawali sambutannya.

Menurut Lis, upaya pencapaian visi misi tersebut tentunya membutuhkan prasyarat maupun modal dasar, dukungan serta pelibatan seluruh komponen pemangku kepentingan (stakeholder), swasta dan masyarakat secara sinergis bersama pemerintah daerah dan DPRD sebagai mitra kerja pada pelaksanaannya.

“Sebagaimana amanat undang – undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, penyusunan RPJPD ini adalah untuk menjamin keterkaitan dan konsisten antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan daerah dalam jangka waktu 20 tahun,” ujarnya.

Dengan begitu, sambung Lis, dapat memberikan arah pembangunan, menjamin tercapainya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar pelaku pembangunan, sehingga menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efesien, berkeadilan dan berkelanjutan pembangunan daerah. Disamping itu, dapat mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

“Melalui pelaksanaan musyawarah ini, diharapkan dapat menghasilkan outcome yang maksimal. Sampaikan ide, saran bapak/ ibu semua, sehingga bisa dilakukan perbaikan untuk pembangunan jagka panjang yang jelas, terarah, sinergis dan terukur,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana, Ir. Indriyati melaporkan, tujuan pelaksanaan musyawarah RPJPD 2005 – 2025 ini adalah untuk menetapkan visi misi dan arah pembangunan jangka panjang yang disepakati bersama sebagai pedoman penyusunan kebijakan, program dan pelaksanaan sebagai rencana dasar dalam perencanaan daerah.

“Musyawarah ini melibatkan unsur FKPD, SKPD, akedemisi, LSM, serta komponen masyarakat, dan akan berlangsung selama dua hari yakni (10 – 11) Desember 2015,” ucapnya.

Pada acara tersebut turut hadir unsur pimpinan FKPD, Ketua DPRD beserta Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah dilingkup Pemko Tanjungpinang. Hadir pula, Ketua TP – PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Guru, serta unsur masyarakat. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.