Pimwil L-KPK Kepri Resmi Dilantik

by -30 views
Presiden L-KPK Indranas Gaho SH MKn, saat melantik pengurus Pimwil L-KPK Provinsi Kepulauan Riau Masa Bhakti 2019-2022, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang
Presiden L-KPK Indranas Gaho SH MKn, saat melantik pengurus Pimwil L-KPK Provinsi Kepulauan Riau Masa Bhakti 2019-2022, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pimpinan Nasional Lembaga Komando Pemberantasan Korupsi (L-KPK) Indranas Gaho SH,MKn sekaligus selaku Presiden L-KPK, resmi melantik sejumlah pengurus Pemimpinan Wilayah (Pimwil) L-KPK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Masa Bhakti 2019-2022, berlangsung di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (29/10/2020).

Ketua PW L-KPK Kepri sendiri, yakni Kennedy Sihombing dengan Sekretaris Alfi Stahrin Arifin beserta sejumlah susunan pengurus lainnya. Pelantikan tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang juga dihadiri sejumlah anggota L-KPK Kepri dan beberapa pihak terkait lainnya.

Usai pelantikan, Presiden L-KPK, Indranas Gaho menyampaikan harapannya terhadap keberadaan L-KPK Kepri untuk dapat memberikan manfaat bagi segenap lapisan masyarakat di Kepri, khususnya pemerintah di wilayah ini dalam hal membantu mencegah perbuatan yang berbau korupsi.

“Kita juga harapkan kepada segenap lapisan masyarakat, khususnya aparat pemerintah untuk dapat membangun komunikasi yang lebih baik,” ucapnya.

Dengan adanya L-KPK ini lanjutnya, kedepan tidak ada lagi masyarakat yang merasa dirugikan oleh prilaku dari aparat yang tidak bertanggungjawab.

Indranas juga berujar kepada pengurus L-KPK Kepri untuk berani mengungkap fakta kebenaran, jika ditemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi dari pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melaporkannya kepada aparat penegak hukum terkait.

“Jika memang adanya ditemukan fakta kebenaran atas dugaan korupsi tersebut, jangan segan-segan melaporkannya kepada apara penegak hukum tekait, yakni Kepolisian, Kejaksaan maupun Komisi Pemberanatasan Korupsi (KPK),” tegasnya.

Indranas menuturkan, keberadaan L-KPK di Kepri sendiri sudah terbentuk sejak 2019 lalu, dan pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan pencegahan terhadap adanya upaya tindakan korupsi dilakukan pihak terkait melalui pendekatan secara persuasif, termasuk melaporkannya kepada aparat penegakan hukum yang ada di wilayah ini.

“Sudah bayak upaya yang kita lakukan selama ini. Cuma tidakan yang kita lakukan selama ini secara diam-diam, dan itu tidak perlu kita sampaikan ke publik, terutama dilevel tertentu,” katanya

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa L-KPK merupakan salah satu institusi rakyat dan berbeda dengan KPK yang selama ini dikenal masyarakat selaku salah satu institusi negara.

“L-KPK merupakan salah satu lembaga masyarakat anti korupsi yang dilakukan sesuai perintah Pasal 41 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor,” ucapnya.

Dalam Pasal 41 itu jelasnya, peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dimaksudkan untuk mewujudkan hak dan tanggungjawab masyarakat dalam penyelenggaraan negara yang bebas dan bersih dari tindak pidana korupsi.

“Peran serta masyarakat dimaksud, juga bisa melakukan pencegahan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Salah satu tujuan L-KPK ini, bagaimana bisa melakukan mitra dengan mencoba melalui pendidikan anti korupsi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Ketua Pimwil L-KPK Kepri, Kennedy Sihombing menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dan amanah yang diberikan kepadanya dalam upaya pencegahan korupsi di Kepri, dan salah satunya upaya dengan membangun kemitraan bersama segenap komponen masyarakat, khususnya pihak pemerintah dan aparat penegak hukum di wilayah ini.

“Kita juga mengharapkan masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan ke kita, jika ditemukan adanya tindakan korupsi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, agar bisa segera kita tindak lanjuti sesuai proses dan ketentuan yang berlaku,” tutupnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.