Putus Mata Rantai Covid – 19, Mahasiswi UNRI Bagikan Masker di Desa Kuala Raya

by -31 views
Mahasiswi UNRI, Susilawati Saat Membagikan Masker Kepada Warga di Desa Kuala Raya
Mahasiswi UNRI, Susilawati Saat Membagikan Masker Kepada Warga di Desa Kuala Raya
Iklan Banner

Lingga, (MetroKepri) – Seiring dengan berkembangnya wabah Covid-19 di Indonesia hingga ke pedesaan, Universitas Riau (UNRI) berinisiatif untuk membantu menekan angka kejadian  Covid-19 dengan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diberi nama Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid-19 yang bisa dilakukan diseluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan Kukerta ini diikuti oleh salah satu mahasiswi Fakultas Keperawatan UNRI, Susilawati.

Susilawati mengikuti Kukerta di Desa Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau sejak 15 Mei 2020 sampai 2 Juli 2020.

“Saya mengikuti Kukerta Covid-19 di Desa Kuala Raya dari tanggal 15 Mei 2020 sampai tanggal 2 Juli 2020. Program yang disusun berdasarkan 3 strategi yaitu pendidikan kesehatan, partnership dan pemberdayaan masyarakat,” papar Susilawati kepada MetroKepri, Sabtu (04/07/2020).

Dia mengutarakan tujuan utama dari kegiatan Kukerta ini adalah untuk membentuk masyarakat yang sadar, mau, dan mampu dalam melakukan pencegahan Covid-19.

“Salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah membagikan masker agar masyarakat semakin sadar dan pentingnya penggunaan alat pelindung diri ketika diluar rumah sebagai salah satu pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, pembagian leaflet untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang Covid-19. Selain itu, juga dilakukan edukasi ke rumah-rumah warga bagi usia yang berisiko atau rentan sakit seperti lansia.

“Baru-baru ini juga telah dilaksanakan pembentukan kampung tangguh kesehatan oleh Polri dan melakukan simulasi ketika ada orang dari luar yang datang ke desa bersama mahasiswi Kukerta UNRI dan Tim Relawan Covid-19 Desa Kuala Raya,” ucapnya.

Dikatakannya, melalui kegiatan pembagian alat pelindung diri dan edukasi ke rumah warga tersebut, diharapakan tingkat kesadaran masyarakat bisa meningkat.

“Saya berharap tingkat kesadaran masyarakat bisa meningkat dan masyarakat bisa ikut terlibat aktif dalam melakukan pencegahan Covid-19 sehingga rantai penularan Covid-19 di Desa Kuala Raya dapat diputus,” katanya.

Selain itu, dengan pembentukan Kampung Tangguh Kesehatan ini, Susilawati juga berharap tingkat kesehatan di Desa Kuala Raya semakin baik. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.