Cegah Karhutla, Polsek Kota Sosialisasi Bahaya Kebakaran Lahan

by -53 views
Anggota Polsek Tanjungpinang Kota laksanakan sosialisasi bahaya Karhutla di wilayah hukumnya
Anggota Polsek Tanjungpinang Kota laksanakan sosialisasi bahaya Karhutla di wilayah hukumnya
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Tanjungpinang Kota dengan cara sosialisasi bahaya Kahutla kepada masyarakat.

Karena, banyak lahan kosong dan perkebunan masyarakat di wilayah Kelurahan Senggarang dan Kampung Bugis yang cukup luas, hal itu menyebabkan wilayah tersebut menjadi langganan Karhutla setiap tahunnya.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Kapolsek AKP Reza Anugrah, kepada masyarakat yang mempunyai lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar baik itu pertanian maupun perkebunan.

Kapolsek juga menjelaskan, kebakaran lahan merupakan permasalahan yang menjadi atensi kepolisian, karena Kelurahan Senggarang dan Kampung Bugis kerap menjadi langganan kebakaran lahan setiap tahun terutama di musim kemarau.

“Apalagi saat ini sudah mulai musim kemarau sehingga potensi terjadinya kebakaran lahan cukup tinggi,” terangnya kepada sejumlah awak media, Jum’at (9/8/2019).

Lanjut Kapolsek, Kepolisian menilai penting untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang larangan dan bahaya kebakaran lahan kepada masyarakat.

Tambah Dia, bentuk dari sosialisasi itu dilakukan dengan pemasangan spanduk-spanduk di titik strategis dan berpatroli secara rutin.

“Selain spanduk, saya juga sudah perintahkan kepada Bhabinkamtibmas untuk bersama aparat unsur muspika setempat untuk mensosialisasikan bahaya dan ancaman hukuman bagi siapa saja yang kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek menegaskan bahwa pelaku pembakar lahan dapat di jerat dengan Pasal 108 Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda setinggi-tingginya 10 miliar rupiah.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat menyebabkan kerugian materil, korban nyawa dan gangguan kesehatan akibat asap kebakaran,” imbuhnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.