DPRD Harap Pansus LPPL Bekerja Dengan Baik

by -186 views
Paripurna DPRD Kepri. Foto Ian
Paripurna DPRD Kepri. Foto Ian
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak berharap panitia khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah (Ranperda) lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) Kepri cyber school television (KCSTV) dapat bekerja dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah.

“Hal ini, agar Perda yang dilahirkan nanti benar – benar berpihak kepada masyarakat serta bermanfaat bagi orang banyak serta tidak mengundang kontrofersi,” ucap Jumaga saat memimpin rapat paripurna dengar tanggapan pemerintah daerah tentang pandangan umum masing – masing fraksi terkait Ranperda LPPL KCSTV dan pembentukan Pansus Ranperda di ruang rapat utama kantor DPRD Kepri di Dompak Tanjungpinang, Rabu (15/4).

Ia mengatakan, masing – masing fraksi juga sudah sama – sama mendengarkan tentang pandangan pemerintah daerah terkait pandangan fraksi tentang Ranperda LPPL KCSTV.

“Maka, kita lanjutkan dengan pembentukan Pansus. Artinya sejauh ini Ranperda LPPL KCSTV berjalan lancar, dan Pansus yang baru kita bentuk ini nantinya bisa menghasilkan produk hukum yang benar – benar bermanfaat bagi orang banyak. Oleh sebab itu, segala sesuatunya, selama dalam proses pembahasan agar dikoordinasikan dengan pemerintah daerah,” ujar Jumaga.

Adapun, ketua Pansus LPPL KCSTV yang akan bekerja selama 30 hari kedepan, diketuai oleh Surya Makmur Nasution dengan diwakili masing – masing oleh Yusrizal dan Hj. Pustokoweni. Rapat sendiri berlangsung dihadiri oleh 23 anggota DPRD Kepri dari 45 anggota yang ada, sehingga rapat dinyatakan sah.

“Intinya, mari kita selesaikan tugas penyusunan Perda dengan Pansus yang sudah kita bentuk ini dengan sebaik – baiknya,” kata Jumaga.

Pada paripurna itu juga, hadir mewakili Gubernur Kepri untuk membacakan jawaban pemerintah daerah terkait pandangan fraksi tentang Ranperda LPPL KCSTV, yaitu Sekdaprov Kepri Robert Iwan Loriaux.

Pada kesempatan itu, Robert menyampaikan, pada umumnya pemerintah berterimakasih kepada masing – masing fraksi yang telah memberikan pandangannya sebagai bentukan untuk menunjang kesempurnaan dalam penyusunan Perda LPPL KCSTV nantinya.

“Kami sangat berterimakasih kepada masing – masing fraksi di DPRD Kepri, yang mana telah memberikan pandangan sekaligus masukan bagi pemerintah, terutama untuk menyempurnakan penyusunan Ranperda LPPL KCSTV yang kita usulkan ini,” kata Robert.

Untuk Fraksi PDI, Robert berharap masukan – masukan bisa terealisasi nantinya. Yang mana KCSTV bisa menjadi alat perangkai informasi hingga ke pulau – pulau yang cenderung masih terisolir di Kepri, terutama melalui informasi dan berita – berita positif yang disajikan KCSTV. Dengan demikian, KCSTV merupakan sebuah alat untuk mempererat hubungan masyarakat nantinya. Adapun untuk Fraksi Golkar yang mengharapkan agar LPPL KCSTV lebih memperhatikan terkait prosedur hukum atau administrasi perizinan.

Akan hal itu, Robert menjelaskan, jika KCSTV sudah melengkapinya dengan berbagai persyaratan pendukung, termasuk izin siarnya. Bahkan menurut Robet, KCSTV telah lulus dalam uji coba siaran yang dilakukan oleh KPI dan Kominfo Pusat.

“Alhamdulillah, semua persyaratan sudah kita lengkapi melalui proses yang panjang, termasuk kita juga sudah dinyatakan lulus dalam sebuah uji coba siaran yang dilakukan oleh KPI, Kominfo dan lembaga terkait. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari DPRD, karena kita juga masih harus melengkapi sarana dan sarana penunjang lainnya. Sehingga KCSTV ini kedepannya bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga penyiaran yang menyajikan siaran yang edukatif dan informatif sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak,” papar Robert.

Begitu juga kepada Fraksi Demokrat Plus, pada kesempatan ini Robert mengaku, jika LPPL KCSTV memang perlu mempersiapkan diri secara matang. Baik itu gedung, sumber daya manusia yang kompeten serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Mengingat Fraksi Demokrat sendiri berharap, agar KCSTV nantinya benar – benar bisa menjadi jembatan atau alat untuk merangkai pulau – pulau yang ada di Kepri.

Sementara itu, untuk pandangan Fraksi Hanura Plus, Fraksi PKS dan PPP serta Fraksi Kebangkitan Nasional yang meminta agar KCSTV memberikan informasi yang terbaik kepada masyarakat serta bersifat independen dan tidak dikomersilkan. Dalam hal ini pemerintah akan memperhatikannya. (Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.