HUT Bhayangkara ke 73, Polres Natuna Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah

by -61 views
Kapolres Natuna, AKBP.Nugroho Dwi Karyanto S.I.K Saat Cek Kesehatan Untuk Proses Donor Darah
Kapolres Natuna, AKBP.Nugroho Dwi Karyanto S.I.K Saat Cek Kesehatan Untuk Proses Donor Darah
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke – 73 tahun 2019, Kepolisian Resor (Polres) Natuna melaksanakan berbagai kegiatan seperti bakti kesehatan dan bakti sosial, Sabtu 22 Juni 2019.

Kegiatan bakti kesehatan dalam bentuk donor darah ini dilaksanakan di Mapolres Natuna, Jalan Adam Malik, Bandarsyah dan diikuti sekitar 60 orang pendonor yang berasal dari Kepolisian, TNI, maupun masyarakat.

Disela-sela kegiatan, Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K mengatakan giat donor darah dimaksud ini untuk mencukupi persediaan stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

“Tujuan utamanya adalah untuk menjalankan program Promoter Kapolri, dimana Polri selalu melayani, melindungi, mengayomi dan selalu dekat dengan masyarakat,” papar AKPB Nugroho Dwi Karyanto.

Kasatlantas Polres Natuna, Iptu Zubaedah Saat Menyerahkan Bantuan
Kasatlantas Polres Natuna, Iptu Zubaedah Saat Menyerahkan Bantuan

Pada kegiatan itu juga, sejumlah tenaga medis diturunkan dari RSUD Natuna untuk membantu diantaranya dr. Idhar, dr. Mona dan Kepala Unit Transfusi Darah, Novi.

Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Natuna, Novi mengatakan sebelum dilakukan pengambilan darah, pendonor terlebih dahulu diperiksa tensi darahnya, Hema Globin dan ditanya mengenai riwayat penyakit.

“Setelah dilakukan wawancara singkat, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah sebanyak 350 cc, sesuai dengan ukuran kantong darah,” ujarnya.

Usai pengambilan darah, kemudian akan diperiksa kembali di UTD RSUD Natuna. Tujuannya untuk memastikan bahwa darah pendonor tidak mengandung penyakit, seperti HIV/AIDS, HBSAG, TPHA, Malaria dan HCV.

“Jika hasil uji tesnya tidak mengandung penyakit, maka darah sudah siap untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, kegiatan bakti sosial diisi dengan penyerahan bantuan kepada korban bencana alam, korban laka lantas dan purnawirawan Polri. Bantuan berupa material bangunan, diserahkan kepada korban bencana alam yang rumahnya roboh dihantam angin puting beliung.

“Kemudian, santunan juga diberikan kepada korban laka lantas dan purnawirawan Polri,” ucap Kasatlantas Polres Natuna, Iptu Zubaedah.

Dia mengutarakan santunan untuk purnawirawan tersebut diberikan kepada H. Jamil dan Afrizal. Sedangkan santunan bagi korban kecelakaan diserahkan kepada keluarga muazim Masjid Agung Natuna.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabag Ops Polres Natuna, Kompol El Fizar, Kapolsek Bunguran Timur, Kompol S. Sibarani, Kasat Narkoba Ramlan Khalid, Kabagren AKP Puji Puryana, Ipda Yelvis, Ipda Seven dan didampingi Lurah Ranai, Suparman, RT 02 RW 04, Suharto, RT 002 RW 001 Batu Ampar Abdul Samin Musa, RT 04 RW 04 Jemengan Sukarno dan tokoh masyarakat Batu Kapal. (Manalu/ Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.