KPU Kabupaten Lingga Raih Dua Penghargaan

by -241 views
Tim Penilai Penghargaan KPU Kepri
Tim Penilai Penghargaan KPU Kepri

Tanjungpinang, (MK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga ditetapkan meraih dua penghargaan dari lima penghargaan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 lalu.

“KPU Kabupaten Lingga akan mendapat penghargaan kategori daftar pemilih berkualitas dan penyelenggaraan pemilihan berintegritas,” papar Sekretaris Tim Penilai, Neng Suryani Nengsih, Kamis (21/1).

Tim penilai yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau ini juga menyebutkan, KPU Kabupaten Lingga dan KPU Tanjungpinang mendapat nilai yang sama untuk kategori daftar pemilih berkualitas yakni 26.

“Namun, tim mempertimbangkan letak geografis, tingkat partisipasi pemilih dan penyelenggaraan Pilkada Lingga dan Pilkada Kepri 9 Desember 2015 sehingga KPU Lingga dinyatakan terbaik untuk kategori itu,” ucap Nengsi.

Hal senada juga disampaikan Bismar Arianto, anggota tim penilai lainnya usai rapat evaluasi hasil verifikasi faktual dan penetapan KPU kabupaten dan kota terbaik dalam penyelenggaraan pilkada.

“KPU Lingga mendapat nilai 27 untuk kategori penyelenggaraan pemilihan berintegritas. Pada kategori itu, KPU Tanjungpinang mendapat nilai 24, sedangkan Natuna hanya 16,” ujarnya.

Akan hal itu, tim penilai memutuskan KPU Tanjungpinang mendapat penghargaan pada kategori pemilu akses dengan nilai 9.

“Dalam kategori itu, KPU Tanjungpinang menjadi peserta tunggal,” katanya.

Sedangkan, KPU Karimun menjadi peserta tunggal dalam kategori transparansi informasi pemilihan dan memperoleh nilai 31 serta akan mendapat penghargaan untuk kategori tersebut.

Sementara, kategori sosialisasi dan partisipasi terbaik diberikan kepada KPU Natuna dengan nilai 25. KPU Bintan hanya mendapat nilai 21 dan KPU Lingga 23.

Anggota tim penilai lainnya, Marsudi menyampaikan, KPU Kepri akan menjadwalkan pemberian penghargaan tersebut.

“Dalam kegiatan nanti, tim penilai juga diundang. Penilaian ini guna meningkatkan kinerja KPU Kepri, serta KPU kabupaten dan kota,” ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.