Lantamal IV Gelar Apel Pasukan Penindak Huru Hara Pilkada

by -370 views
Apel Persiapan PAM Pemilu. Foto Dispenal Lantamal IV
Apel Persiapan PAM Pemilu. Foto Dispenal Lantamal IV

Tanjungpinang, (MK) – Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Lantamal IV, Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin melakukan pengecekan kesiapan kesiapan prajurit yang tergabung dalam pasukan penindak huru hara (PHH/ Dakhura) di Lapangan Mako Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Batu Hitam, Rabu (21/10) pagi.

Pasukan Penindak Huru Hara ini juga, akan disiagakan dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2015.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun 2015 merupakan tahun politik dimana pada Desember mendatang akan diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak.

Pemilukada serentak adalah bagian dari hajatan nasional yang baru pertama kali diselenggarakan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015. Dalam Pemilukada tahun ini akan memilih 204 kepala daerah di seluruh Indonesia dan untuk wilayah Kepulauan Riau akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Bupati.

Pada kesempatan ini disiapkan satu kompi PHH/ Dakhura yang terdiri dari 90 personel dengan menggunakan perlengkapan lengkap. Yang menarik dari peleton PHH/ Dakhura Lantamal IV kali ini adalah dalam peleton tersebut tidak hanya terdiri dari prajurit laki – laki namun juga melibatkan prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal).

Pelibatan Kowal dalam kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pimpinan dalam pembinaan personel dimana setiap prajurit Kowal diberikan kesempatan yang sama dalam setiap kegiatan.

Disamping itu, dengan dilibatkannya Kowal dalam pasukan PHH/ Dakhura diharapkan mampu meredam aksi anarkisme massa yang terkadang bertindak melampaui batas dalam menyampaikan aspirasinya.

Dandenmako Lantamal IV merasa perlu menyiapkan pasukan PHH/ Dakhura dengan tujuan untuk menjamin dan mengantisipasi apabila ada permintaan bantuan dari pihak Kepolisian untuk mengamankan wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Maka pasukan PHH/ Dakhura dari Lantamal IV akan secepatnya di BKO – kan kepada pihak Kepolisian.

Dengan dilaksanakannya apel kesiapan ini dapat diketahui sejauh mana kesiapan Lantamal IV dalam memanuverkan prajuritnya baik dari sisi personel maupun dari sisi kelengkapannya. (Dispen Lantamal IV/ ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.