Menkumham Kaji Hukum Kebiri Bagi Pedofil

by -286 views
Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly
Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly

Tanjungpinang, (MK) – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly kini tengah mengkaji dengan instansi terkait mengenai wacana pemberian hukuman kebiri bagi pelaku pedofilia.

“Harus ada standar untuk sampai mengatakan (kebiri) itu mengurangi libido. Itu kan harus, tetapi kalau kebiri membuang testis, tidaklah,” kata dia usai menghadiri pembukaan pertemuan Menteri Hukum ASEAN (ALAWMM) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis (22/10).

Untuk itu, pihaknya bersama dengan instansi terkait lainnya akan membahas wacana kebiri tersebut di antaranya Jaksa Agung, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kemeneterian Sosial, Kementerian Kesehatan, lembaga swadaya masyarakat.

Yasonna mengharapkan agar wacana pemberlakuan kebiri itu untuk mengurangi libido bagi pelaku pedofilia, yang sudah ada pada tahap ekstrim.

Sementara itu terkait usulan adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang atau Perppu, lanjut dia, juga masih dalam kajian apakah kejahatan seksual terhadap anak – anak merupakan kegentingan yang memaksa.

Menurut dia, kejahatan seksual terhadap anak – anak merupakan salah satu kejahatan berbahaya yang tidak nampak dipermukaan, namun menimbulkan korban banyak dan trauma panjang.

“Itu (kekerasan seksual kepada anak) tidak nampak di permukaan jadi itu bahaya. Kalau tidak ada hukum keras, pedofil dari luar akan datang ke sini,” ujar dia. (*)

SUMBER: ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.