Musrenbang Tingkat Kabupaten, DPRD Apresiasi Kinerja Bupati Natuna

by -17 views
Bupati Natuna, Abdullah Hamid Rizal Bersama Ketua DPRD Natuna, Yusripandi
Bupati Natuna, Abdullah Hamid Rizal Bersama Ketua DPRD Natuna, Yusripandi
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Bupati Natuna, Abdullah Hamid Rizal membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Natuna di Gedung Sri Serindit, Senin 11 Maret 2019 malam.

Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Yusripandi mengatakan, DPRD Natuna telah sepakat untuk menyampaikan pokok – pokok pikiran sesuai dengan tiga fungsi dari dewan, yakni sebagai legislasi, penganggaran dan pengawasan. Pokok pikiran itu, salah satunya dihimpun dalam reses, disampaikan kepada pemerintah daerah. Perkara tidak dimasukan atau dimasukkan, ada tahapan yang harus dilalui.

Bupati Natuna, Abdullah Hamid Rizal Saat Membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten Natuna

“DPRD Natuna mengapresiasi kinerja Bupati beserta jajarannya yang telah bekerja keras menggelar Musrenbang. Untuk itu kita harus konsisten dalam setiap tahapan pembahasan APBD,” papar Yusripandi.

Masih kata Yusripandi, apabila Kabupaten Natuna terlambat dalam pengesahan APBD, ada sanksi administratif bagi anggota DPRD dan kepala daerah berupa tidak di bayar 6 bulan semua hak keuangannya.

“Sanksi tersebut dikenakan kepada lembaga yang terlambat menjalankan tahapan yang telah di atur UU nomor 23 Tahun 2014,” ujarnya.

Para Undangan Yang Hadir Pada Acara Pembukaan Musrenbang
Para Undangan Yang Hadir Pada Acara Pembukaan Musrenbang

Sementara itu, Bupati Natuna, Abdullah Hamid Rizal mengatakan, Musrenbang perlu dilaksanakan karena merupakan wadah penampung dan membahas aspirasi masyarakat tentang apa saja yang diusulkan dari segi pembangunan daerah.

Proses Musrenbang tahunan yang diselenggarakan itu mulai dari tahap rembuk warga, musrenbang desa dan kelurahan, musrenbang kecamatan, OPD, sampai musrenbang kabupaten, memiliki peran strategis dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Natuna Tahun Anggaran 2019.

Bupati menjelaskan, pemangku seluruh kepentingan dapat menanamkan keselarasan segala program yang diusulkan, dapat menjadi kesepakatan RAPBD Natuna 2020. (Manalu)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.