Pilkada Natuna 2020, Pasangan Calon Perseorangan Harus Lampirkan 5.260 Pemilih

by -97 views
Suasana konfrensi pers di media center KPU Natuna
Suasana konfrensi pers di media center KPU Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna melaksanakan Konferensi Pers terkait tahapan pendaftaran calon perseorangan yang akan ikut mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati pada pemilu tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang media center KPU Natuna, Jum’at 06 Desember 2019 ini turut hadir Komisioner Divisi Teknis Risno, Komisioner Divisi Hukum Musalib, Komisioner Divisi Data Soimin dan sejumlah awak media.

Pada kesempatan tersebut, Risno menjelaskan, sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota tahun 2020 dan PKPU Nomor 18 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota.

“KPU Kabupaten Natuna mengumumkan penyerahan dukungan bagi pasangan calon perseorangan yang mau ikut mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan bupati dan wakil bupati Natuna tahun 2020 dilakukan sejak tanggal 3 Desember sampai dengan 16 Desember 2019. Waktu penyerahan dokumen dukungan selama 5 hari yaitu tanggal 19-23 Februari 2020. Dokumen dukungan yang diserahkan minimal sejumlah 5260 pendukung yang tersebar paling sedikit di 8 Kecamatan,” katanya.

Sebelumnya, Risno melanjutkan, KPU Natuna telah mensosialisasikan format dukungan melalui laman Web KPU Natuna dan media sosial yaitu formulir model B.1-KWK perseorangan dan juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Natuna.

Untuk mempermudah proses pencalonan perseorangan dalam penyerahan dukungan dibantu dengan aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON) Perseorangan, maka bagi bakal pasangan calon perseorangan diminta untuk menunjuk operatornya yang dibekali surat mandat untuk dibuatkan akun silon perseorangan.

“Untuk membantu memberikan informasi lebih jelas, KPU Kabupaten Natuna membuka layanan Help Desk,” imbuhnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.