Tak Penuhi Unsur, Dugaan Pelanggaran Pemilu Rahma Dihentikan Gakkumdu

by -26 views
Kasatreskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra Saat Konferensi Pers Usai Gelar Perkara
Kasatreskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra Saat Konferensi Pers Usai Gelar Perkara

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Tanjungpinang menyatakan dugaan pelanggaran Pemilu oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma tidak memenuhi unsur pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71 ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan oleh Sentra Gakkumdu, Senin (23/11/2020).

“Kami sudah berkesimpulan unsur dengan sengaja dan program pemerintah tidak bisa terpenuhi,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra saat konferensi pers usai gelar perkara.

Menurutnya, dua unsur tersebut tidak terpenuhi berdasarkan pemeriksaan saksi ahli pidana pemilihan dan tindak pidana dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan juga berdasarkan memorandum Bawaslu RI tanggal 23 Januari 2020 huruf B angka 2 yang mengatur tentang program pemerintah.

“Jadi kami menilai pembagian masker tersebut bukan merupakan program pemerintah. Berdasarkan KUHAP kami akan menghentikan kasus ini dan kami akan berkoordinasi dengan Kejaksaan untuk menerbitkan SP3 (Surat Pemberhentian Penyelidikan Perkara),” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memeriksa 17 saksi dalam kasus tersebut yang terdiri dari unsur pemerintah, masyarakat, ahli dan timses.

Sebelumnya, dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Hj Rahma selaku Wali Kota Tanjungpinang yang kronologisnya yakni pada 29 Oktober 2020 sekitar pukul 10.00 WIB di Jalan Lembah Merpati Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, terlapor ada membagikan masker bertulisan Temasek Foundation Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang bersamaan dengan kegiatan kampanye untuk mendukung paslon nomor urut 3. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.