Diprotes Bupati Bintan, TKA China di PT BAI Dipulangkan

by -5 views
Bupati Bintan, Apri Sujadi Saat Rapat
Bupati Bintan, Apri Sujadi Saat Rapat
Iklan Banner

Bintan, (MetroKepri) – Sebanyak 39 orang tenaga kerja asing (TKA) bermasalah d Kabupaten Bintan, telah dipulangkan semua. Mereka rencananya akan bekerja di PT. BAI, kawasan KEK Galang Batang.

Ketua Administrator KEK Galang Batang, Hasfarizal Handra yang mengkonfirmasi pemulangan TKA asal China itu. Hasfarizal menyebutkan ada 29 orang lagi yang diberangkat ke Jakarta melalui Bandara RHF Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, ke-29 orang tersebut, sisa dari TKA bermasalah yang didatangkan PT. BAI, pada Kamis (2/4/2020) kemarin, telah diberangkat 10 orang, sehingga seluruhnya genap berjumlah 39 orang.

“Hari ini telah diberangkatkan lagi sisa 29 TKA dari 39 orang yang masuk ke Bintan kemarin, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Lion Air tujuan Jakarta dari Bandara RHF Tanjungpinang,” ujar Hasfarizal Handra, Jumat (3/4/2020).

Sejak mendarat di Kabupaten Bintan, pada Selasa (31/3/2020) lalu, kehadiran TKA ini langsung mendapat protes keras dari Bupati Bintan, Apri Sujadi. Apri protes karena didatangkan disaat semua orang berjibaku melawan virus corona.

Setelah diusut oleh Disnaker Bintan yang bekerjasama dengan Disnaker Kepri serta aparat terkait lainnya, ke-39 TKA asal China ini disinyalir akan bekerja secara illegal di PT. BAI, karena diketahui belum mengantongi dokumen ketenagakerjaan asing yang berlaku.

Selain impor TKA ditengah wabah corona sangat meresahkan warga, kehadiran mereka juga tidak dilengkapi izin bekerja laiknya persyaratan TKA di Indonesia.

Itu sebabnya, ke-39 TKA itu didesak untuk segera dipulangkan. Apri menegaskan itu pada rapat koordinasi antara Pemkab Bintan dan pihak terkait lainnya, yang akhirnya disepakati untuk memulangkan mereka ke Jakarta.

Apri sempat meluapkan kemarahannya. Ia menilai PT. BAI tidak memiliki empati yang tidak hanya menimbulkan keresahan masyarakat, namun lebih menyedihkan lagi tak menaruh kepedulian terhadap keselamatan masyarakat dengan mendatangkan TKA dari China, ditengah semangat pemerintah dan masyarakat memerangi virus Corona.

Hasfarizal menambahkan terhadap ke-39 TKA telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur keprotokolan kesehatan Covid-19. Meski hasilnya negatif, Bupati Apri kukuh untuk memulangkan mereka.

“Sudah dilakukan prosedur keprotokolan kesehatan Covid-19 terhadap 39 TKA tersebut, hasilnya negatif. Namun tetap kita pulangkan sesuai arahan Bupati Bintan Apri Sujadi karena mereka tidak memenuhi prosedur ketenagakerjaan dan kepulangan mereka diawasi oleh perwakilan masyarakat dan unsur TNI/Polri,” ucapnya. (Mcb/tr)

Sumber : Suluhkepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.