H-5 TMMD Ke-111, Bagi Masker hingga Bangun Pos Kamling

by -49 views
Pembagian masker oleh Satgas TMMD Ke-111 ke warga Desa Marok Tua
Pembagian masker oleh Satgas TMMD Ke-111 ke warga Desa Marok Tua

Lingga (MetroKepri) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Kodim 0315/Bintan tak terasa sudah masuk di hari ke-5 di Desa Marok Tua Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga, Sabtu (19/06/2021).

Kegiatan yang bertujuan mendekatkan TNI dengan Rakyat ini diperkirakan selesai selama 1 bulan. Berbagai kegiatan pun dilaksanakan oleh Tim Satgas TMMD Ke-111 ini.

Di hari ke-5 ini, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19, Personil SSK Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0315/Bintan membagikan masker kepada masyarakat sesaat sebelum melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan di Desa Marok Tua.

Di sela-sela pembagian masker, personil Satgas turut memberikan sosialisasi tentang upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan selalu mengajak untuk menerapkan dan disiplin protokol kesehatan.

Dilokasi, salah seorang warga penerima masker Ridwan (32) menyampaikan bahwa kehadiran Satgas TMMD di desa mereka banyak membawa kebaikan bagi masyarakat.

Bukan hanya membuka badan jalan namun mengedukasi masyarakat dalam hal kebaikan.

“Kehadiran Bapak TNI dan Polri di desa kami sangat besar manfaatnya. Mereka membantu kami baik dalam membersihkan lingkungan, beribadah bersama kami, dan berbaur bersama masyarakat desa,” ujarnya sembari memberikan 2 jempol ke TNI-POLRI.

Di waktu yang sama, Dansatgas TMMD Ke – 111 Kodim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menjelaskan bahwa melalui kegiatan TMMD tersebut, selain mempercepat pembangunan di daerah kegiatan ini pun diharapkan dapat meningkatkan sinergitas TNI dengan rakyat.

“Sasaran kita bukan hanya kegiatan fisik saja,” ucapnya.

“Kita juga membangun komunikasi masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan sejumlah sosialisasi lainnya pada setiap rangkaian kegiatan Non-Fisik,” sambung Dandim 0315/Bintan ini.

Satgas TMMD Ke-111 melaksanakan pembangunan Pos Kamling
Satgas TMMD Ke-111 melaksanakan pembangunan Pos Kamling

Di lokasi berbeda, Satgas TMMD Ke111 lainnya sibuk membangun pos keamanan lingkungan (Pos Kamling) bagi masyarakat sekitar lokasi.

Pembangunan Pos Kamling saat ini masih pada tahap awal, yaitu pembuatan pondasi yang dilaksanakan secara gotong royong antara Anggota TNI-Polri dan Warga desa.

Lettu Inf Asman Aritonang, SH selaku Dan SSK TMMD ke – 111 Kodim 0315/Bintan mengharapkan, jika nanti sudah jadi bangunan Pos Kamling ini, warga Desa Marok Tua diharapkan bisa merawatnya agar usia pakai pos kamling bisa bertahan lama.

“Pembangunan Pos kamling ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami selaku Satgas TMMD untuk turut menjaga keamanan wilayah serta mencegah terjadinya kejahatan atau kriminal,” terangnya.

“Dan, nantinya pos ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi antar warga desa dalam membahas keamanan lingkungan,” Jelas Dan SSK.

Sementara itu, Kades Marok Tua Safaruddin, mengatakan bahwa warga Desa Marok Tua menyambut baik adanya pembangunan pos kamling di desanya.

“Tentunya warga desa akan ikut serta bahu – membahu bersama dengan TNI/Polri untuk melakukan pembangunan,” ungkapnya.

“Selama 5 hari ini, hasil dari hadirnya TNI-POLRI bersama pemerintah dan rakyat yakni pembuatan jalan, Pembangunan Pos Kamling, serta kegiatan Non-Fisik lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dan imbauan prokes Covid-19 demi tercapainya penekanan angka penyebaran virus yang melanda wilayah kita Kepri, Pungkas Kades Marok Tua itu. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.