KPU Diminta Transparan Atas Hasil Tes Calon Gubernur

by -135 views
by
Suradji

Tanjungpinang, (MK) – Kandidat Doktor Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogjakarta, Suradji Muhammad meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan (Kepri) transparan terkait hasil tes para peserta kandidat calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2015 mendatang.

“Setelah tahapan pendaftaran yang dibuka KPU pada 26 hingga 28 Juli 2015 kemarin, kini memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan dan dilanjutkan verifikasi administrasi para bakal calon kepala daerah,” ujar Suradji kepada media ini, Jumat (31/7).

Ia mengemukakan, mengingat tahapan ini cukup penting maka KPU diminta untuk transparan apapun hasil dari tahapan tersebut.

“Jangan sampai ada yang ditutupi – tutupi maupun dilebih lebihkan. Kita tahu bersama, bahwa untuk melaksanakan tes kesehatan KPU telah menjalin kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” ucapnya.

Namun, tambahnya, yang perlu dicatat bahwa apapun hasilnya IDI tidak berhak untuk mengumumkan, dan hanya KPU yang berwenang atas hasil tes kesehatan baik tes jasmani maupun tes kejiwaan atau rohani para calon.

“KPU juga harus cermat dan hati – hati dalam menelusuri ijazah yang difinalkan para bakal calon. Apalagi dulu sempat ada kabar bahwa ada penggunaan ijazah palsu yang diduga dimiliki oleh salah satu calon peserta,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, KPU harus bisa membuktikan dugaan tersebut agar isu itu tidak dijadikan komoditas politik.

“Transparansi dan akuntabilitas KPU dituntut agar demokrasi yang berlangsung selama pilkada dapat berlangsung dan berjalan lancar serta mengusulkan pemimpin yang berkualitas,” ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.