Kunjungi Desa Belungkur, Wakil Bupati Lingga Serahkan Pas Kecil Nelayan

by -11 views
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar Saat Menyerahkan Sertifikat Tanah Warga
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar Saat Menyerahkan Sertifikat Tanah Warga
Iklan Banner

Lingga, (MetroKepri) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengunjungi Desa Belungkur Kecamatan Lingga Timur. Dalam kunjungan tersebut, Nizar menyerahkan pas kecil nelayan, Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan, BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) dan sertifikat di Kantor Desa Belungkur, Kecamatan Lingga Timur, Selasa (15/9/2020).

Terkait sertifikat tanah, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar berharap kepada penerima agar senantiasa menjaga dan dipergunakan dengan sebaik mungkin. Selain itu dengan status tanah yang sudah bersertifikat, maka pemilik tanah yang bersertifikat berkewajiban untuk membayar pajak.

“Sertifikat tanah tersebut merupakan kerjasama pemerintah dengan BPN yang diberikan secara gratis kepada masyarakat. Untuk itu, bapak ibu yang menerima sertifikat tanah ini mohon dijaga dengan baik dan satu hal lagi karena status tanah sudah sertifikat jadi harus membayar pajak,” papar Nizar.

Masih kata Nizar, untuk se-Kabupaten Lingga terdapat sebanyak 12.000 sertifikat tanah. Sementara untuk di Desa Belungkur, Kecamatan Lingga Timur terdapat sebanyak 158 sertifikat tanah yang diserahkan kepada penerimanya.

Sedangkan terkait BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa), Wakil Bupati Lingga berharap agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab adanya BLT DD tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda diberbagai daerah termasuk juga dampaknya di Kabupaten Lingga.

Selain itu Nizar juga meminta kepada masyarakat untuk dapat tertib, mematuhi dan mempedomani serta menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari di era new normal.

Saat ini, kata Nizar, Pemerintah Daerah sudah memiliki Perbup (Peraturan Bupati) yang mengatur terkait protokol kesehatan yang didalamnya terdapat kepatuhan masyarkat dalam menerapkan protokol kesehatan juga terdapat sanksi-sanksi bagi pelanggar Perbup tersebut.

“Jadi saya harap uang BLT yang diterima dapat dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu saya mengingatkan kepada bapak-ibu semuanya, ditengah pandemi Covid-19 ini untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Saat ini kita telah memiliki Perbup yang didalam mengatur terkait protokol kesehatan dan ada sanksinya bagi pelanggar,” ujar Nizar.

Dikesempatan itu, Nizar juga memberikan bantuan sebanyak 1.000 masker untuk masyarakat setempat, dengan harapan masker tersebut dapat dipergunakan masyarakat dan dapat mematuhi protokol kesehatan agar masyarakat Kabupaten Lingga terlindungi dari Covid-19.

Sementara bagi nelayan Desa Belungkur, Muhammad Nizar menyerahkan pas kecil nelayan dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk para nelayan, yang mana menurut Nizar, pemerintah daerah sangat memberikan dorongan dan kepedulian terhadap para nelayan tangkap sebab sektor perikanan merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah.

“Pas kecil nelayan sangat diperlukan oleh masyarakat nelayan karena kita memiliki nelayan dan hasil laut yang sangat luar biasa. Walaupun laut kita merupakan kewenagan provinsi, tapi pelaku usaha kita-kita semuanya. Jadi pemerintah daerah Bupati dan Wakil Bupati dengan Dinas Perikanan wajib untuk memberikan sokongan kepada nelayan-nelayan kita dengan wujud pas kecil nelayan, kartu nelayan dan BPJS Ketenagakerjaan ini,” ucap Nizar.

Hadir pada kesempatan tersebut yakni, Camat Lingga Timur, Kades Belungkur, Ketua HNSI Kabupaten Lingga, Ketua Melayu Raya Kabupaten Lingga, RT/RW, dan Masyarakat Desa Belungkur, Kecamatan Lingga Timur. (Bustami/ Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.