Rudenim Tanjungpinang Bantah Janjikan Keberangkatan Kepada Imigran

by -403 views
Kepala Rudenim Pusat Tanjungpinang, Surya Pranata. Foto NOVENDRA
Kepala Rudenim Pusat Tanjungpinang, Surya Pranata. Foto NOVENDRA

Tanjungpinang, (MK) – Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kelas I A Tanjungpinang, Surya Pranata membantah jika pihaknya pernah menjanjikan waktu keberangkatan kepada para 47 imigran pencari suaka yang kabur tersebut.

“Mereka memaksa keluar dari Rudenim hanya kurang sabar saja. Saya juga tidak pernah menjanjikan waktu berangkat kepada imigran tersebut. Saya hanya mengatakan bahwa mereka sudah masuk dalam daftar untuk diberangkatkan,” papar Surya saat di lokasi dihentikannya para imigran tersebut di halaman Kantor DPD PDIP Jalan DI Panjaitan Km 7 Tanjungpinang, Selasa (26/1).

Sebelum mereka keluar, kata Surya, beberapa bulan lalu sudah diberitahukan dan diberi penjelasan agar mereka bersabar sebelum mendapatkan informasi keberangkatannya.

“Tetapi, pada hari ini mereka semua sudah tidak ingin lagi berada di Rudenim dan akhirnya keluar,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah berusaha mencegah para imigran tersebut keluar, namun karena keterbatasan penjaga dengan banyaknya para imigran tidak terelakkan lagi.

“Bayangkan saja, penghuni Rudenim saat ini mencapai 451 orang dan yang memaksa untuk keluar sebanyak 47 orang, Sedangkan yang jaga hanya beberapa orang saja. Jika kita tahan akan terjadi keributan, hal ini yang tidak kita inginkan. Makanya kami biarkan mereka pergi,” ujarnya.

Sebelumnya, salah satu imigran yang namanya enggan disebutkan menyampaikan, selama 2 tahun lebih mereka dijanjikan untuk diberangkatkan ke negara yang sudah dijanjikan. Namun, hanya janji – janji manis belaka. (NOVENDRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.