Terbukti Bersalah, Anggota DPRD Tanjungpinang Divonis Denda Rp5 Juta

by -150 views
Terdakwa Rini Pratiwi Saat Mendengarkan Pembacaan Putusan Majelis Hakim PN Tanjungpinang
Terdakwa Rini Pratiwi Saat Mendengarkan Pembacaan Putusan Majelis Hakim PN Tanjungpinang

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Rini Pratiwi divonis majelis hakim dengan membayar denda sebesar Rp5 juta di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (12/08/2021).

Putusan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Boy Syailendra dalam ruang sidang, terdakwa Rini Pratiwi dinyatakan bersalah dalam kasus dugaan penggunaan gelar palsu saat mengikuti Caleg pada Pemilu 2019.

Dalam putusan itu, majelis hakim menilai terdakwa Rini Pratiwi terbukti bersalah melanggar Pasal 68 ayat 3 Jo Pasal 21 ayat 4 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan mejatuhkan hukuman denda sebesar Rp5 juta.

Majelis hakim PN Tanjungpinang juga tidak sependapat dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjungpinang yang menuntut terdakwa Rini Pratiwi dengan pidana penjara selama satu tahun.

“Terdakwa Rini Pratiwi dijatuhi denda Rp5 Juta. Apabila denda tidak dibayar terdakwa, maka digantikan dengan kurungan satu bulan,” papar hakim.

Atas putusan majelis hakim tersebut, JPU Ardiansyah menyatakan fikir-fikir selama sepekan. “Fikir-fikir yang mulia,” ucap Ardiansyah.

Sementara itu, penasehat hukum terdakwa Rini Pratiwi, Jan Wahyu Alhadi mengaku senang atas vonis yang dibacakan oleh majelis hakim. Meski demikian, pihaknya masih menyatakan fikir-fikir.

“Untuk selanjutnya kita fikir-fikir dulu, apakah menerima seluruhnya atau ada upaya banding. Untuk putusan hari ini kita sangat senang,” katanya. (Red)

Editor: ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.