Aksi Bergizi Dinkes Tanjungpinang, Investasi Pintar untuk Masa Depan Remaja Sehat

by -531 views
Siswa Siswi SMP Saat Mengikuti Pemberian Tablet Tambah Darah. Foto Diskominfo
Siswa Siswi SMP Saat Mengikuti Pemberian Tablet Tambah Darah. Foto Diskominfo

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Kota Tanjungpinang mengukuhkan komitmennya terhadap kesehatan generasi muda dengan meluncurkan kegiatan inovatif, “Aksi Bergizi: Pemberian Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri”, yang diresmikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Kota, Teguh Ahmad Syafari, di SMP Negeri 16 Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam pembukaannya, Teguh Ahmad Syafari menyoroti pentingnya fokus pada kesehatan remaja, mengingat peran krusial mereka dalam menghadapi puncak demografi pada tahun 2030.

“Kesehatan remaja adalah pondasi untuk membangun generasi masa depan,” ungkapnya, Selasa (28/11/2023).

Menyajikan data tahun 2018, Teguh mengungkapkan bahwa prevalensi anemia pada remaja di Indonesia mencapai 32 persen, menandakan tingginya tingkat kejadian. Dampaknya terlihat jelas pada kemampuan belajar dan prestasi anak di sekolah yang kurang optimal.

Program ini tidak hanya sekadar pemberian tablet tambah darah; lebih dari itu, ini adalah langkah proaktif dalam memberikan edukasi kepada remaja putri.

“Harapannya, remaja putri dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan mengonsumsi nutrisi yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka,” tambahnya.

Mengajak seluruh pihak terkait, termasuk sekolah dan orangtua, Teguh berharap sinergi ini akan menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan berprestasi di masa depan.

Elfiani Sandri, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, menambahkan dimensi serius pada masalah anemia, khususnya di kalangan remaja putri. Data menunjukkan prevalensi anemia pada usia 5-14 tahun mencapai 26,8 persen, sementara pada usia 15-24 tahun mencapai 32 persen.

Sandri menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat fisik melalui tablet tambah darah, melainkan juga memberikan pemahaman lebih baik kepada remaja putri tentang pentingnya konsumsi gizi yang seimbang.

“Pendidikan dan kampanye semacam ini diharapkan dapat membantu mengurangi kasus stunting dan menciptakan generasi yang lebih sehat di Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Kegiatan “Aksi Bergizi: Pemberian Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri” dilaksanakan di dua sekolah, SMPN 16 dan SMPN 1 Tanjungpinang, sebagai langkah awal untuk membiasakan remaja putri mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin setiap minggu.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 16 dan Kepala Puskesmas Bt 10, mencerminkan komitmen bersama untuk mendukung kesehatan dan masa depan yang gemilang bagi generasi muda di Kota Tanjungpinang. (Dinas Kominfo).

Editor: Ian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.