Bahaya Karhutla, Satlantas Polres Tanjungpinang Sosialisasi ke Pengemudi Online

by -117 views
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tanjungpinang, Ipda Sarbini saat memberikan pemahaman bahaya karhutla kepada pengemudi ojek online
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tanjungpinang, Ipda Sarbini saat memberikan pemahaman bahaya karhutla kepada pengemudi ojek online
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Akan bahayanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Satlantas Polres Tanjungpinang sosialisasikan sekaligus memeberikan pemahaman terhadap pengemudi ojek online, Sabtu (10/8/2019).

Sosialisasi sekaligus pemahaman bahaya Kathutla tersebut dilaksanakn di depan Hotel CK Kilometer 8 atas Tanjungpinang.

Hal tersebut dikatakan oleh Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Ramadhani melalui Kanit Dikyasa Iptu Sarbini kepada awak media ini, Senin (12/8/2019).

Pada kesempatan itu, mereka diberi pemahanan akan bahaya Karhutla di musim kemarau ini.

“Karena di musim kemarau sangat rentan terjadinya kebakaran, sehingga harus diantisipasi sejak awal. Peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sarbini juga menyampaikan himbauan dan mensosialisasikan tentang bahaya karhutla serta sanksi bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Lanjut Dia, sesuai UU RI nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pada pasal 108 dijelaskan, bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan diancam minimal 3 tahun penjara dan maksimal 10 tahun penjara serta denda minimal Rp3 miliar dan maksimal Rp10 miliar.

“Dengan masuknya musim kemarau, kita menghimbau kepada pengemudi ojek online Kota Tanjungpinang untuk saling mengingatkan terutama bagi yang memiliki kebun untuk peka terhadap lingkungan” terangnya.

Sementara, apabila diketahui ada kejadian kebakaran hutan dan lahan, Ia meminta agar segera melapor ke pihak kepolisian terdekat.

“Semoga bisa meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. Karena hal tersebut jelas adalah kasus pidana,” tegasnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.